TETAP PRODUKTIF AGAR BISNIS TETAP JALAN PASCA PANDEMI DENGAN ASUS EXPERTBOOK B5

Layaknya permainan roller coaster yang naik turun begitu juga dengan pandemi yang sudah dua tahun merubah tatanan hidup manusia dimuka bumi, bahkan sampai sekarang trend kasusnya di tiap negara sama juga naik turun tiap tahunnya. Kita tidak tahu kapan pandemi ini akan segera berakhir, karena banyak analisa ahli mengeluarkan statement positif bahwa pandemi akan segera berakhir namun ada juga analisa ahli lainnya memberi statement yang bikin shock pandemi bakal berakhir lebih lama dari yang diperkirakan. Kita ambil sisi positifnya karena secara tidak langsung adanya pandemi yang sudah berjalan dua tahun seluruh element masyarakat sudah terbiasa dan bisa bertransformasi merubah life style kehidupanya dalam bekerja dan belajar.

Pasca pandemi juga menambah ceritaku bermula dari Mas Anto sebagai tetangga dekat yang rumahnya masih satu gang minta diperbaiki laptopnya yang lagi bermasalah. Laptopnya bermasalah di keyboard yang tekan - tekan sendiri di beberapa tombol yang akhirnya harus minta ganti keyboard dan masalah lainnya di port USB laptopnya tidak bisa mengenali flash disk yang akhirnya harus ganti port USB baru. Kebetulan Mas Anto ditempat kerjanya sedang menerapkan Work From Home (WFH) dimasa pandemi saat ini, karena ditempat kerjanya menempati sebagai staff purchasing di perusahaan export import plastik jadi dikondisikan harus tetap produktif meskipun kondisi WFH.

Kali ini beliau begitu kesal tidak bisa produktif bekerja WFH karena laptopnya banyak masalah yang muncul akhir - akhir ini. Laptopnya diserahkan untuk diperbaiki dan minta segera dibetulkan agar bisa dibuat kerja WFH lagi. Sambil cerita keluh kesah laptopnya yang sedang rusak, beliau juga mencari informasi masukan mengenai laptop buat direkomendasikan ke perusahaan tempat dia bekerja dengan kisi - kisi  laptop ini harus siap digunakan bekerja setiap saat di kantor (Work From Office) maupun WFH.

Dengan jelas saya ceritakan mengapa perusahaan di tempat Mas Anto bekerja cocok menggunakan laptop bisnis yang kuat, ringkas, cepat dan after sales yang bagus untuk bisa menekan biaya TCO. Sebenarnya apa sih TCO ?

sumber : markey.id

Laptop merupakan barang elektronik yang memiliki potensi bisa rusak, entah rusak disebabkan kesalahan sendiri maupun rusak karena kecelakaan. Rusak karena kesalahan sendiri misalnya kerja didepan laptop sambil seduh kopi, tidak sengaja cangkir berisi kopi yang berada disamping laptop kena senggol akhirnya tumpah mengenai keyboard yang mengakibatkan laptop jadi rusak, bisa juga laptop cacat karena terjatuh di lantai karena lepas dari genggaman, layar laptop pecah / cacat karena tidak sengaja terduduki beban berat atau contoh lainnya laptop yang rusak karena kecelakaan, misal laptop rusak penyok karena posisi didalam tas tertabrak sepeda motor lain dari belakang dan banyak contoh lainnya yang bikin laptop cacat dan tidak berfungsi.

Berbagai contoh kejadian diatas yang membuat rusak laptop adalah kejadian yang harus dihindari karena bertentangan dengan penekanan biaya TCO ( Total Cost of Ownership ) atau total biaya kepemilikan di perusahaan. Perlu sebuah pemikiran yang matang dalam memilih laptop untuk dipakai diperusahaan, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan laptop yang ringan karena portabilitas, kebutuhan laptop dengan perfomance kencang untuk pekerjaaan analisa data yang banyak, kebutuhan laptop untuk mengetik dengan harga murah . Dari macam kebutuhan akan laptop diatas demi kepentingan jangka panjang perusahaan akan beban biaya yang dikeluarkan untuk sebuah laptop, analisa TCO menjadi faktor penting dalam menentukan kebijakan. 

Menurut situs markey.id definisi TCO adalah perkiraan semua biaya langsung dan tidak langsung yang berkaitan dengan sebuah aset atau teknologi selama siklus hidupnya. TCO ini sangat bermanfaat untuk menentukan setiap nilai sebuah produk atau sistem.

Dikupas sedikit mengenai TCO yang mana dalam penerapannya untuk menentukan TCO sebuah aset berupa teknologi, memiliki tiga komponen yang perlu dianalisis TCO, antara lain Biaya Langsung, Biaya Operasional, dan Biaya Jangka Panjang.

Untuk Analisa Biaya Langsung yang dimaksud adalah analisa akan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk melakukan pembelian akan sebuah laptop. Tidak hanya analisa biaya hardwarenya saja perlu dihitung juga akan akan analisa biaya untuk software yang digunakan di laptop tersebut.

Analisa Biaya Operasional adalah analisa biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk mengoperasikan perangkat laptop yang sudah dibeli dan siap pakai. Dalam hal ini tentunya biaya berupa pelatihan akan penggunaan laptop tersebut, mulai dari pelatihan cara penggunaan laptop dan penggunaan software yang akan digunakan kedepannya, sampai penggunanya mahir dalam mengoperasikan laptop dan menggunakan software yang dibutuhkan perusahaan tersebut.

Analisa Biaya Jangka Panjang adalah analisa akan semua biaya yang dikeluarkan apabila dalam pemakaiannya melakukan penggantian/perbaikan, pembaruan, hingga penonaktifan perangkat di masa depan. Seperti manusia begitu juga perangkat teknologi berupa laptop pasti ada masanya yang nantinya tidak bisa produktif lagi, dimana kalau usia produktif SDM sesuai aturan maksimal umur 56 tahun dan untuk laptop karena operating system ( OS ) dan aplikasi penunjangnya terus update kurang lebih umurnya 5 ~ 10 tahun tergantung dengan spesifikasinya laptopnya untuk bisa mengikuti persyaratan OS dan aplikasi yang dibutuhkan.

Biaya pergantian atau perbaikan merupakan biaya tidak terduga / hidden cost yang menjadi faktor besar kecilnya biaya jangka panjang. Laptop disini sebagai barang elektronik yang sering digunakan untuk menunjang produktifitas sangat rentan rusak yang berpengaruh dengan naik turunnya biaya perbaikan. Begitu pula ada biaya pembaruan semisal laptop secara hardware masih bisa jalan normal namun karena tuntutan aplikasi yang dibutuhkan akhirnya butuh RAM yang lebih besar akhirnya perlu pengadaan hardware berupa RAM untukk mengupgrade laptop ini. 

Dalam menghitung TCO bisa berbagai macam formula tergantung biaya detail komponennya, lebih mudahnya salah satu formulanya bisa menggunakan dibawah ini :

TCO = ( Harga awal + Biaya operasional + Biaya Jangka Panjang ) - Harga akhir masa pakai

Contohnya analisa TCO:

  1. Pembelian laptop konsumer untuk bagian keuangan dengan spesifikasi Intel Core i5 - RAM 4GB - SSD 512GB - Windows 10 dengan harga beli Rp 10.000.000, beberapa bulan kemudian perlu upgrade RAM 8GB dengan harga Rp 700.000, lewat garansi ada pergantian keyboard karena ketumpahan kopi harga Rp 250.000, pergantian layar LED retak karena kena beban berat dalam tas Rp 1.500.000, perbaikan port USB (Malfungsi) Rp 500.000 dan nilai laptop ini akan turun menjadi Rp 5.000.000 pada 5 tahun mendatang.
    Perhitungan nilai TCO =
    ( 10.000.000 + 700.000 + 250.000 + 1.500.000 + 500.000 ) - 5.000.000 =  Rp 7.950.000,-
  2. Pembelian laptop bisnis untuk bagian keuangan dengan spesifikasi Intel Core i5 - RAM 8GB - SSD 512GB - windows 10 dengan harga beli Rp 16.000.000, biaya extended warranty Rp. 800.000 dan nilai laptop akan turun menjadi Rp 8.000.000 pada 5 tahun mendatang.
    Perhitungan nilai TCO = 
    ( 16.000.000 + 800.000 ) - 8.000.000 = Rp 8.800.000,-
Dari analisa hitungan diatas tentunya nilai TCO yang lebih kecil lebih bagus, akan tetapi bila di analisa lebih dalam laptop konsumer memang harga belinya lebih murah namun potensi downtime/rusaknya laptop lebih tinggi. Karena banyak potensi munculnya biaya - biaya tidak terduga mulai dari biaya upgrade dan biaya perbaikan, diperusahaan ini tentunya harus dihindari agar tidak menjadi masalah akan banyak waktu yang harus terbuang dan biaya - biaya tidak terduga lainnya.

Untuk analisa pada laptop bisnis memang harga diawal lebih mahal namun karena jarang ada kerusakan atau perbaikan dan juga garansinya terjamin bisa mengurangi munculnya biaya - biaya perbaikan yang tidak terduga, kedepannya perusahaan bisa lebih fokus pada pengalokasian biayanya untuk lainnya.   

Bagian pengadaan dalam hal ini menjadi yang bertanggung jawab dalam pemilihan produk yang akan dibeli, karena itu dengan menganalisa perhitungan TCO memberi manfaat sebagai salah satu bahan untuk melakukan penawaran terhadap supplier perangkat. Manfaat lainnya analisa perhitungan TCO adalah bagian dari performa kinerja keuangan untuk jangka panjang dan perhitungan besarnya ROI (Return of Investment) yang dibutuhkan untuk perangkat tersebut.

JAMINAN PRODUK DAN GARANSI
Dari perhitungan diatas kesimpulannya biar perusahaan tidak mengeluarkan biaya perbaikan yang tidak terduga, maka perlu laptop yang harus memenuhi kriteria sebagai berikut :
  • Laptopnya harus di desain dari bahan dan kontruksi yang kuat biar tidak cepat rusak.
  • Upgradeable agar tidak perlu keluarkan biaya pergantian unit baru apabila perfomance laptop mulai menurun.
  • Garansi yang berkualitas adalah faktor yang penting, mulai dari garansi yang terjamin dan jangka waktunya yang panjang sangat mempengaruhi pengeluaran biaya perbaikan, biaya pergantian perangkat baru atau biaya perawatan.
Laptop yang terjamin tahan lama, garansi yang terjamin dan garansi waktu lama merupakan solusi untuk menekan TCO. Laptop gaming yang cepat dan spesifikasi hardware terbaik bukan jaminan akan menekan TCO, laptop premium yang ringan dengan bahan yang kualitas tinggi juga bukan jaminan menekan TCO, apalagi laptop konsumer yang banyak dipakai orang dengan harga terjangkau, spesifikasi lumayan dan bahan yang standard sangat riskan untuk dipakai dilingkungan perusahaan.
ASUS EXPERTBOOK B5
 merupakan laptop bisnis yang tangguh dan didesain untuk menekan biaya TCO, faktor apa saja yang membuat laptop bisnis ini bisa menekan biaya TCO perusahaan, antara lain :

1. DI DESAIN MEMILIKI STANDART DAN BAHAN YANG KUAT 
ASUS ExpertBook B5 sudah lulus dan memiliki sertifikat Military Grade MIL-STD 810H dari Amerika Serikat yang meyakinkan bahwa laptop keren ini siap / running well di kondisi lingkungan / kejadian tidak terduga, mulai dari :
  • Thermal Shock Test, merupakan kondisi dimana laptop bisnis tangguh ini bisa berjalan normal dengan melewati uji kondisi suhu yang berubah drastis mulai dari suhu 51℃ ~ 71℃ selama 3 x dalam 1 jam.
  • Shock Test, merupakan kondisi dimana laptop bisnis tangguh ini bisa berjalan normal dengan melewati uji kondisi laptop terjatuh dengan kecepatan 40G/11ms dengan laptop kondisi nyala.
  • Vibration Test, merupakan kondisi dimana laptop bisnis tangguh ini bisa berjalan normal dengan melewati uji kondisi laptop bergetar kekuatan 10 ~ 500 hz selama 60 menit.
  • Sand & Dust Test, merupakan kondisi dimana laptop bisnis tangguh ini bisa berjalan normal dengan melewati uji kondisi laptop menahan masuknya partikel dengan kepadatan 1,2g/m3.
  • Shipboard Vibration Test, merupakan kondisi dimana laptop bisnis tangguh ini bisa berjalan normal dengan melewati uji kondisi laptop bergetar kekuatan 4 ~ 33 hz selama 2 jam seperti kapal sedang transit.
  • Altitude Test, merupakan kondisi dimana laptop bisnis tangguh ini bisa berjalan normal dengan melewati uji kondisi laptop berada di ketinggian 15000 kaki dengan laptop kondisi nyala.
  • High Temperature Test, merupakan kondisi dimana laptop bisnis tangguh ini bisa berjalan normal dengan melewati uji laptop bisa bertahan di rentang suhu yang tinggi antara 32℃ ~ 49℃ selama 3 x 24 jam dengan laptop kondisi nyala.
  • Low Temperature Test, merupakan kondisi dimana laptop bisnis tangguh ini bisa berjalan normal dengan melewati uji laptop bisa bertahan di rentang suhu sangat rendah antara -37℃ ~ -46℃ selama 3 x 24 jam dengan laptop kondisi nyala.
  • Humidity Test, merupakan kondisi dimana laptop bisnis tangguh ini bisa berjalan normal dengan melewati uji laptop bisa bertahan pada tolerir kelembaban di 95% pada suhu 30℃ dan 60℃.
  • Solar Radiation Test, merupakan kondisi dimana laptop bisnis tangguh ini bisa berjalan normal dengan melewati uji laptop bisa bertahan dari paparan sinar matahari selama 3 x 24 jam.
Salah satu rahasia laptop bisnis yang kuat ini bisa bertahan dan running well dari berbagai kondisi lingkungan yang sangat ekstrem karena menggunakan bahan material yang kuat mulai dari cover laptop sisi atas menggunakan Alumunium Metal dan body laptop menggunakan paduan material Magnesium - Alumiunium (Mg - Al Alloy metal). Dengan menggunakan material yang kuat terlihat ASUS ExpertBook B5 kentara dengan nuansa premium, kokoh dan high build quality.

2. DIDESAIN MENGGUNAKAN SISTEM KONTRUKSI YANG BIKIN TAHAN LAMA KOMPONEN DI DALAM LAPTOP
Selain menggunakan bahan material dan lolos tes uji MIL-STD 810H ASUS ExperBook B5, juga didesain secara sistematis agar kontruksi laptop bisa lebih tahan lama dengan tujuan agar saat digunakan daily driver tidak banyak mengalami kendala.  Desain kontruksi yang dimaksud adalah :
  • Konstruksi Yang Kuat
    • Bagian laptop yang sering bergerak adalah layar laptop karena saat mau dipakai maupun setelah dipakai harus membuka dan menutup layar laptop. Sering terjadi kontruksi engsel layar laptop justru rusak terlebih dahulu karena pondasi engsel yang sudah rapuh. Untuk mengatasi hal ini Asus ExpertBook B5 didesain menggunakan pondasi engsel layar terbuat dari metal dan screws dibuat lebih besar agar lebih kuat menahan tekanan engsel saat membuka dan menutup layar laptop. Terbukti melalui test internal ASUS desain ini memberi dampak engsel laptop lebih kuat 150% dari laptop lainnya saat buka tutup layar laptop dan 66% lebih kuat menahan tekanan dibanding laptop lainnya.
    • Adanya bantalan karet kecil diatas board yang fungsinya sangat penting apabila sisi atas laptop mendapat tekanan yang kuat laptop masih bisa meminimalisir kerusakan komponen didalamnya.
    • Dibawah body laptop ada ruang yang kosong diberi grid desain untuk memberi kekuatan body bila terkena tekanan. Biasanya di bawah area palmrest adalah area yang kosong dari komponen ditujukan untuk mengurangi panas agar telapak tangan pengguna tetap nyaman saat aktifitas mengetik, namun karena area kosong jadi rentan dengan kekuatan bodynya yang ringkih. Dengan grid desain area tetap kosong namun masih ditopang dengan kekuatan frame grid yang kuat.
  • Konstruksi Yang Solid, laptop bisnis ini memiliki kontruksi yang solid mulai dari :
    • Dibawah keyboard terdapat Layer Bracket Internal Keyboard Dari Metal yang berguna menahan motherboard didalam dari tekanan berbagai sisi. 
    • Layer Spill Resistant yang berguna sekali meminimalisir tumpahan air diatas keyboard yang berpotensi merusak komponen didalamnya.
    • Bracket Metal di Port I/O yang memberi jaminan kekuatan pada port I/O yang sering dipakai buat keluar masuknya colokan perangkat lain. Dari hasil tes internal ASUS memberi dampak pada port I/O lebih kuat 150% terhadap colokan port keluar / masuk dan pada port I/O Type-C lebih kuat sampai 15000 colokan.
    • Cover Metal Tambahan di SSD, WiFi, CPU dan RAM, dengan cover metal bisa mengurangi interferensi gelombang elektromagnetik di WiFi Card dan mengurangi panas yang dihasilkan oleh SSD PCIe, CPU dan RAM, yang akhirnya sangat membantu kestabilan system kerja pada laptop. 

3. DIDESAIN ADA OPSI UPGRADE DEMI MENJAGA PERFOMANCE DAN KAPASITAS LAPTOP
Tidak dipungkiri kalau semua Sistem Operasi dan berbagai aplikasi tiap tahun akan terus berbenah dengan banyak mengeluarkan update maupun versi terbaru. Seperti sistem operasi besutan dari microsoft windows, dimulai tahun 1985 dengan MS DOS dan tiap tahunnya terus berkembang sampai mengeluarkan OS windows 10 di tahun 2015, bahkan tahun 2020 kemarin sudah mengeluarkan sistem operasi terbarunya Windows 11. Tentunya setiap ada kenaikan versi sistem operasi windows menjadi semakin lengkap fiturnya, lebih aman securitynya dan pastinya mengarahkan untuk terus menaikkan persyaratan spesifikasi hardware yang harus terpenuhi.
Agar laptop tetap senantiasa terus bisa mengikuti perkembangan sistem operasi dan aplikasi yang digunakan, laptop wajib harus bisa di upgrade kecepatan dan kapasitasnya kalau tidak terpaksa harus ganti baru. Di ASUS ExpertBook B5 didesain untuk memberi kemudahan dalam upgrade komponen pada SSD PCIe 3.0 x4 dan RAM DDR4. Dengan adanya opsi bisa upgrade setidaknya masih bisa mengikuti perkembangan sistem operasi terbaru mulai dari kebutuhan akan RAM yang lebih besar dan kebutuhan akan kapasitas storage data di laptop agar semakin bisa menampung banyak data di SSD PCIe.

Adanya opsi laptop masih bisa diupgrade setidaknya masih bisa memperpanjang masa pakai perangkat laptop untuk bisa meningkatkan produktifitas penggunanya yang ingin laptop masih tetap prima dalam menjalankan sistem operasi laptop dan aplikasi yang digunakan. Bagi perusahaan tentunya memberi dampak positif dengan menghindari pengalokasian biaya untuk pengadaaan laptop baru yang tentunya bakal lebih tinggi biayanya.  
 
4. DIDUKUNG DENGAN GARANSI YANG BIKIN TENANG DIHATI
Memasuki lingkungan enterprise semua dukungan perangkat yang membantu lancarnya bisnis perusahaan harus tetap terjaga baik kondisinya. Salah satu perangkat bila ada yang down bakal mempengaruhi produktifitas bisnis perusahaan. Tidak ambil mau resiko perusahaan pasti menginginkan support dari pihak luar yang lebih kompeten dan support ini bisa berupa petunjuk, didatangi  langsung oleh teknisi dan support hardware backup.
Untuk itu perusahaan bakal mempertimbangkan bundling service apa yang bakal didapatkan dengan menggunakan perangkat laptop tersebut. Untuk laptop bisnis berbeda dengan seri laptop lainnya untuk dukungan garansinya dan lini ASUS ExpertBook B5 mendapat dukungan garansi support yang terbaik dari ASUS, antara lain :

1. VIP Support Line
Dukungan jalur khusus secara online dari teknisi yang kompoten lebih mempercepat penanganan keluhan dengan cepat dan untuk pengguna ASUS ExpertBook B5 dengan mendapat layanan yang lebih penting VIP di waktu layanan jam kerja.  

2. Onsite Service
Tidak semua keluhan bisa ditangani dengan dukungan secara online berupa remote, harus diperlukan penanganan secara langsung di tempat ( Onsite ) oleh teknisi. Dengan Onsite Service perusahaan tidak perlu repot mengalokasikan waktunya dan khawatir data pentingnya dibawa keluar untuk hanya memperbaiki laptop keluar perusahaan. Untuk ASUS ExpertBook B5 bakal dapat dukungan penuh teknisi support dari ASUS untuk datang langsung ke perusahaan dan memperbaikinya langsung ditempat sampai laptopnya tersebut berjalan normal kembali.

3. Accidental Damage Protection (ADP)
ASUS dalam garansi belajar dari beberapa kasus diperusahaan, salah satunya ada beberapa perusahaan yang memiliki tingkat resiko pekerjaan yang frekuensi kerusakan perangkat laptopnya lumayan tinggi, bisa diambil contoh pekerjaan di pelepasan minyak dimana pekerja yang harus bekerja sambil membawa laptop diarea yang banyak minyak tergenang, sering terjadi pekerja mengalami jatuh terpeleset kena genangan oli / minyak. Terjatuhnya pekerja ini mengakibatkan laptop yang digunakan sering mengalami kerusakan layar yang pecah, body yang ringsek.

Dalam hal ini perusahaan tahu akan resiko ini dan akhirnya berupaya mencari solusi bagaimana laptop ini setidaknya kuat menghadapi resiko kondisi lokasi kerja dan untuk menekan biaya pergantian perangkat baru memerlukan adanya jaminan akan perangkat laptop yang bisa diklaimkan garansinya.

Adanya Accidental Damage Protection dengan ketentuan akan diganti kerusakannya 100% tanpa biaya untuk 1x dalam setahun. Tidak hanya itu apabila perusahaan punya jaminan ADP 2-3 tahun tidak perlu takut akan biaya tidak terduga akibat kerusakan / pergantian spare part yang sama rusaknya ditahun berikutnya, karena dengan ADP oleh ASUS sparepart ini akan diganti 100% tanpa ada biaya pergantian spare part.

4. HDD Retention
Begitu penting dan rahasia sebuah data bagi perusahaan sehingga begitu sensitif bila ada masalah pada laptop tersebut sampai storage dalam laptop tidak boleh dibawa keluar perusahaan. Dalam hal ini wajar karena begitu pentingnya rahasia sebuah data bagi perusahaan dan layanan ASUS Service tetap harus jalan agar proses perbaikan / pergantian laptop tetap berjalan dan data yang ada di storage bermasalah berupa HDD atau SSD boleh disimpan / dipegang oleh pihak perusahaan sendiri. 

5. Warranty Extension
Perusahaan dalam menekan TCO pasti minta jaminan after salesnya agar laptop ini masih tetap produktif dan mendapat support maksimal sesuai dengan masa pakainya. Untuk garansi di Asus ExpertBook B5 hanya 2 tahun karena merupakan lini produk komersil ExpertBook B5 jadi lebih diutamakan bisa extend atau menambah masa garansinya hingga 5 tahun.  

Dalam TCO biaya jangka panjang yang berpotensi muncul berbagai hidden cost / biaya tidak terduga menjadikan beban biaya perusahaan semakin tinggi. Perangkat komputasi apapun lebih baik hidden cost / biaya tidak terduga diminimalisir dan dipastikan saat pembelian diawal. Dengan desain laptop yang terbuat dari bahan material yang kuat, memiliki standard test uji yang kuat, konstruksi yang kuat, upgradeable dan garansi yang terjamin memberi kenyamanan dan jaminan bagi perusahaan agar alokasi biayanya lebih pasti.

Secara garis besar ASUS ExpertBook B5 memberi keyakinan bahwa laptop ini akan menjadi tumpuan utama komputasi diperusahaan. Selain laptop yang tangguh apa saja kelebihan dari ASUS ExpertBook B5 yang bisa memberi keyakinan bahwa laptop tangguh bisa memberi jawaban akan berjalannya dinamika perusahaan dalam memenuhi kebutuhan perangkat komputasi yang dinamis, cepat dan tentunya aman.

FITUR KEAMANAN LEVEL ENTERPRISE
Selain laptop yang tangguh untuk menghadapi dinamika bisnis perusahaan yang memiliki beragam kebijakan agar bisnis tetap berjalan on the track, untuk sistem informasi di perusahaan dan perangkat komputasi harus mendukung sistem keamanan yang kuat. Untuk laptop bisnis ASUS ExpertBook B5 banyak memiliki fitur keamanan yang terbagi menjadi 3 bagian, antara lain :

1. PROTEKSI SECARA HARDWARE
Laptop merupakan perangkat komputasi yang mudah dibawa dan dibuat kerja berpindah - pindah tempat. Tentunya ini sangat riskan apabila perangkat komputasi laptop ini bisa dicuri dengan mudah dan tidak kelihatan karena dimasukkan dalam tas oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Itulah pentingnya ada Kensington Lock yang menjadi fitur proteksi laptop paling aman dari pencuri laptop yang bisa sewaktu - waktu muncul. 

Laptop ASUS ExpertBook B5 menyediakan slot buat Kensington Lock, layaknya sebuah kunci gembok sebuah sepeda yang diparkir dekat pagar, agar aman dengan pasang gembok melingkari pagar akhirnya pengendara sepeda dengan perasaan tenang bisa meninggalkan sepeda tersebut. Begitu juga dengan Kensington Lock yang berfungsi layaknya kunci gembok sepeda, bisa mengamankan laptop dari tangan pencuri yang bisa ada secara tidak terduga.
Selain itu pada ASUS ExpertBook B5 memiliki fitur yang terbilang baru karena memanfaatkan teknologi kontras dilayar yang menjadikan tampilan dilayar laptop tidak bisa dilihat jelas dari samping dan fitur ini bernama ASUS Private View. Fitur ini yang memberi perasaan aman bagi pengguna laptop yang kebetulan sedang beraktifitas ditempat publik yang lagi banyak orang. Dengan fitur Asus Private View tampilan yang muncul dilayar akan terlihat jelas apabila dilihat langsung didepan layar laptop dan orang yang iseng ingin melihat layar laptop dari samping tidak bakal bisa melihatnya.

2. KEAMANAN DATA DAN IDENTITAS
Fitur keamanan dilaptop ASUS ExpertBook B5 begitu diutamakan untuk menjamin memberi rasa aman bagi pengguna laptop terhadap privacy dan data penting yang ada dilaptop. Begitu pentingnya dan rahasia data perusahaan dalam laptop sehingga perlu banyak pertimbangan agar data tetap aman dengan menerapkan sistem keamanan yang berlapis. 

Diawal sudah disebutkan dengan menggunakan fitur Kensington lock laptop bakal anti maling, namun bila sampai terjadi laptop ini dipegang oleh pihak diluar perusahaan yang tidak bertanggung jawab tentunya sangat runyam bila data didalam laptop sampai bisa diakses dan diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Perlu ada dukungan sistem keamanan yang terjamin supaya pencuri tidak bisa masuk desktop dengan mudah, karena kalau sudah masuk desktop laptop merupakan pintu gerbang awal mulanya pencuri bisa leluasa mengambil data rahasia perusahaan.

ASUS ExpertBook B5 bisa diatur proteksi dilaptopnya agar pencuri tidak bisa dengan mudahnya masuk sampai desktop, cukup dengan aktifkan fitur BIOS/HDD Password. Saat laptop dinyalakan fitur BIOS Password akan langsung aktif dan memaksa pencuri data untuk memasukan password dengan benar, apabila tidak bisa memasukkan password BIOS dengan benar pencuri terpaksa tidak bisa masuk ke desktop. Selanjutnya oleh pencuri diakali dengan melepas SSD/HDD dan dipasang di komputer lainnya, namun karena ada fitur Bitlocker windwos 10 Pro usaha ini juga bakal gagal karena di SSD/HDD tersebut juga diproteksi dengan password sehingga tidak bisa mengakses data didalamnya.

Selanjutnya ASUS ExpertBook B5 juga ada proteksi dengan menggunakan Fingerprint Sensor yang bisa ditemukan terintegrasi dengan permukaan tombol power disamping kanan laptop. Dengan memanfaatkan sidik jari pengguna bisa digunakan untuk proses login masuk ke desktop, jadi semakin mudah, cepat dan lebih aman. Ada juga proteksi dengan memanfaatkan fitur bawaan windows 10 yaitu Windows Hello menjadikan laptop bisa mudahnya login ke desktop laptop pakai facial recognition ( pengenal wajah ).

Apabila pencuri data sampai bisa masuk desktop masih ada proteksi laptop ASUS ExpertBook B5 dengan fitur USB Storage Block, dengan adanya fitur ini memungkinkan semua device USB storage yang dicolokan di port USB laptop bakal tidak dikenali oleh sistem. 

Ada juga fitur proteksi data Secure File Shredder, yang memungkinkan pengguna bisa menghapus datanya dengan penuh. Data kalau sudah dihapus dengan penuh bakal tidak bisa dikembalikan dengan software restore data apapun. Fitur ini sangat penting apabila laptop ini sudah melewati masa pakai dan dijual ke pihak luar, maka data perusahaan yang sudah dihapus tidak bakal bisa dikembalikan oleh pengguna baru diluar perusahaan.

Untuk privacy pengguna laptop ASUS ExpertBookB5 di webcam dilengkapi dengan Webcam privacy Shield. Fitur ini sangat berguna menjaga privacy pengguna dengan cara webcam bisa dibuka dan ditutup lensa webcamnya secara fisik. Perlu diketahui saat ini webcam bisa menjadi media peretasan oleh hacker yang dengan mudahnya merekam aktifitas pengguna secara diam - diam. Tentunya ini sangat berbahaya sekali apabila webcam yang diretas oleh hacker dan berhasil merekam aktifitas pengguna laptop yang bisa saja rekaman ini disebarluaskan di jagat maya.

3. SUPPORT IT MANAGEMENT    
Dalam perusahaan untuk menjamin data security tiap perangkat komputasi perlu ada fitur Trusted Platform Module (TPM) berupa chip yang sudah tertanam di perangkat tersebut. Fungsinya modul TPM ini adalah menyimpan semua data password, enkripsi di dalam perangkat tersebut. Dengan modul TPM dan fitur dari 10 berupa Windows Hello bisa menyimpan password dan PIN dan aplikasi Windows Bitlocker yang mampu memberi password enkripsi kriptografi pada HDD/SSD. Di ASUS ExpertBook B5 sudah mendukung versi terbaru TPM 2.0 yang memberi jaminan apabila sampai data dipegang oleh orang tidak bertanggung jawab tidak akan bisa dibobol dengan mudah.

ASUS Control Center
Di sisi backend IT/MIS di perusahaan sangat mudah bila perangkat komputasi di dalam perusahaan bisa dikontrol dan dimonitor secara langsung. Dengan Asus Control Center dari sisi IT dengan mudah bisa melihat status kondisi tiap perangkat komputasi, inventory perangkat komputasi yang benefitnya bisa lebih tahu dulu apabila perangkat komputasi yang akan bakal ada masalah kedepannya dan bagian IT/MIS bisa segera mencari solusinya sebelum perangkat ini break down. Di laptop ASUS ExpertBook B5 mendukung adanya fitur bahwa laptop ini bisa dimonitor terpusat oleh IT dengan memanfaatkan ASUS Control Center.

FITUR MODERN ASUS EXPERTBOOK B5
Dengan menggunakan ASUS ExpertBook B5 tidak hanya bisa menekan biaya TCO perusahaan namun fitur canggih yang diusung memiliki spesifikasi yang mumpuni dan kompatibel dengan dinamika kebutuhan perusahaan. Fitur - fitur canggih tersebut antara lain :

1. FITUR ENTERPRISE KOMPATIBEL DENGAN KEBUTUHAN PERUSAHAAN

MEMILIKI PORT MINI HDMI To GIGABIT LAN
Jarang ada laptop yang memiliki port RJ45, karena untuk laptop sekarang yang didesain dengan dimensi cenderung tipis mengakibatkan beberapa port yang bikin tebal laptop seperti port LAN RJ45, port VGA ditiadakan. Bagaimana pengguna dan lingkungan kerja yang membutuhkan koneksi LAN untuk masuk jaringan ?

Sebagai laptop yang dibuat untuk mendukung kerja dilingkungan enterprise, ASUS ExpertBook B5 didesain untuk memenuhi kebutuhan LAN dengan menggunakan port jenis mini HDMI to Gigabit LAN. Berbeda dengan laptop umum lainnya yang memanfaatkan port USB sebagai media untuk memenuhi kebutuhan akan port LAN. Apa keunggulan menggunakan port mini HDMI to LAN dibandingkan menggunakan port USB to LAN ?

Jawabannya : Fixed MAC Address
Dilingkungan perusahaan yang memiliki kebijakan tentang penggunaan perangkat laptop dalam sistem jaringan perusahaan pasti membutuhkan fixed MAC address yang melekat dilaptop layaknya port LAN yang MAC addressnya melekat di port LAN laptop. Dengan adanya Fixed MAC Address memberi kemudahan bagi MIS / team IT di perusahaan untuk menandai IP address-nya berdasarkan MAC address di tiap client artinya tiap MAC address yang sudah ditentukan IP addressnya tidak akan bisa dirubah / manipulatif dengan merubah dongle mini HDMI to LAN -nya beda dengan dongle USB to LAN yang MAC Addressnya melekat di donglenya yang berpotensi pengguna laptop bisa memanfaatkan celah untuk mengganti MAC addresnya.

MENDUKUNG FITUR RAID 0 dan RAID 1
Biasa kita temukan di motherboard premium atau motherboard server yang bisa memanfaatkan storage menjadi 2 mode yaitu RAID 0 (Mode cepat) dan RAID 1 (Mode Aman). RAID yang kepanjangan dari  Redundant Array of Independent Disks merupakan fitur penting yang sebenarnya jarang ditemukan disebuah laptop dan kali ini ASUS ExpertBook B5 bisa menghadirkannya agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari penggunanya dan bahkan IT di perusahaan.

Storage atau nama lainnya media simpan data di laptop ASUS ExpertBook B5 mendukung 2x PCIe 3.0 x4 SSD dan untuk RAID 0 atau RAID 1 hanya bisa diaktifkan salah satu mode saja. Implementasi menerapkan RAID 0 yang menjadikan storage semakin cepat mulai dari kecepatan baca/ tulis dan IOPS bisa naik 2 kali lipat, karena sistem RAID 0 menerapkan striped set atau striped volume. RAID 0 bekerja dengan menyimpan satu kesatuan data secara terpisah / disebar datanya ke dua SSD, SSD pertama akan menyimpan separuhnya data dan SSD kedua menyimpan separuh data dan ini yang menyebabkan perfomance laptop akan semakin cepat. Lebih jelasnya bisa lihat animasi RAID 0 dan RAID 1 dibawah :

RAID 0 memang sangat cepat, namun dari segi keamanan data sangat riskan sekali, karena sekali salah satu SSD rusak maka rusak semua datanya. Ini disebabkan satu kesatuan datanya tidak utuh karena datanya ada sebagian ada di SSD yang rusak. Untuk pengguna atau perusahaan yang ingin menerapkan sistem RAID 0 pastikan data penting harus ada backup yang terupdate, bisa disimpan di media lokal di ( file server ) atau media online ( dropbox, Gdrive dll).

Selanjutnya RAID 1 atau Mode Aman, dengan memanfaatkan 2 SSD untuk satu kesatuan data akan disimpan di SSD pertama dan juga di SSD kedua. RAID 1 kerjanya secara mirroring yang yang secara perfomance tidak ada kenaikan tapi secara keamanan data mode RAID 1 merupakan pilihan utama. Suatu saat apabila laptop alami gagal fungsi pada salah satu SSD, dengan RAID 1 memberi jaminan sistem dan data pada laptop masih aman karena sistem dan data masih ada di SSD lainnya. 

Selain itu untuk aktifkan RAID 1 dengan memiliki 2 kapasitas SSD yang sama, hanya dikenali kapasitanya separuhnya, misal ada 2 SSD PCIe 3.0 x4 berkapasitas masing-masing 1 TB, secara sistem akan dikenali cuma 1TB saja.

2. LAYAR OLED YANG BERKUALITAS, NYAMAN DAN AMAN BUAT MATA
Layar laptop ASUS ExpertBook B5 yang memiliki ukuran 13,3" resolusi FullHD (1920x1080) merupakan laptop bisnis pertama yang layarnya sudah menggunakan teknologi ASUS OLED. Pengguna ExpertBook B5 akan dimanjakan matanya dengan ASUS OLED yang layarnya mampu menyuguhkan kualitas visual yang lebih segar karena lebih kaya warna dan warnanya lebih akurat. Untuk ASUS ExpertBook B5 Flip layar ASUS OLED-nya sudah diakui memiliki color gamut 100% DCI-P3 dan mengantongi Pantone Validated Display. Layar ASUS OLED juga mendukung teknologi HDR dan sudah bersertifikasi VESA DisplayHDR TrueBlack, yang menjadikan layar semakin kental dengan suguhan visual yang begitu mempesona untuk multimedia.

Dengan ASUS OLED pengguna juga akan lebih produktif dan nyaman bekerja di depan laptop ASUS ExpertBook B5. Produktifitas ini bisa tetap terjaga dengan dukungan layar ASUS OLED yang memiliki fitur ASUS Eye Care, dimana fitur ini mampu mengurangi spektrum cahaya biru yang berbahaya buat mata namun kualitas visual masih tetap terjaga.

Dengan ASUS OLED mata tetap sehat dan nyaman saat berlama - lama didepan layar laptop ExpertBook B5, layarnya diperkuat juga dengan mendapatkan sertifikasi dari TÜV Rheinland yang terbukti bisa menurunkan paparan cahaya biru dari layar. Layar dengan ASUS OLED ini juga memiliki fitur anti flicker yang menjamin kenyamanan mata dari gangguan layar yang memiliki kedipan yang tidak terlihat secara kasat mata. Dengan anti flicker memberi manfaat mata tidak cepat lelah, mata tidak kering yang berkorelasi tidak menyebabkan pengguna laptop sakit kepala.

Buat pekerja diperusahaan terkadang ada target pekerjaan yang harus diselesaikan, akhirnya banyak berkutat didepan laptop. Inilah pentingnya peran layar laptop yang menggunakan ASUS OLED mendukung Asus Eye Care untuk meminimalisir paparan cahaya biru dan anti flicker untuk mengurangi flicker / kedipan layar yang bisa membuat ketidaknyamanan pada mata. Tentunya dengan ASUS OLED pengguna laptop bisnis ExpertBook B5 menjadi lebih nyaman berlama - lama depan laptop dan akhirnya produktifitas tetap terjaga. 

3. BATERAI LIFE LEBIH PANJANG
Sebagai laptop bisnis yang mendukung produktifitas tinggi buat penggunanya harus memiliki baterai yang dapat memberikan daya pada laptop agar tetap bisa produktif walaupun laptop ini diajak berpindah - pindah tempat kerja tanpa perlu bingung cari colokan listrik untuk mengisi power baterai laptop. ASUS ExpertBook B5 sudah tersertifikasi Intel EVO yang menitik beratkan kemampuan laptop salah satunya pada endurance daya baterai yang bisa hidup diatas 9 jam dan kenyataannya ExpertBook B5 bisa sampai 14 jam.

Kemampuan Expertbook B5 bisa kencang performanya dan baterai life sampai 14 jam, rahasianya terletak pada spesifikasi laptop yang menggunakan baterai berkapasitas besar 66 Whrs dan penggunaan hardware yang modern menjadi lebih efisien daya. Selain baterai life yang panjang proses pengisian baterai juga lebih fleksibel karena menggunakan port USB Type-C Thunderbolt™ 4 yang bisa digunakan sebagai USB Power delivery. Uniknya juga karena mendukung USB power delivery laptop ini juga bisa dicharge menggunakan powerbank portable, sementara itu power adapter bawaan laptop ini juga didesain lebih ringkas yang mudah dibawa kemana-mana dan tidak bikin sesak kalau dimasukkan dalam tas.

4. LAPTOP BISNIS RINGKAS DAN RINGAN 
ASUS ExpertBook B5 memiliki dua varian yaitu ExpertBook B5 (B5302CEA) dengan sistem layar clamshell  bisa dibuka sampai 180° dan ExpertBook B5 Flip (B5302FEA) yang layarnya bisa diputar hingga 360°. Kedua type ini sama - sama memiliki body yang kuat karena terbuat dari bahan material yang kuat Magnesium-Alumunium Alloy Metal dan cover layarnya terbuat dari Alumunium Metal. Memiliki body dan cover yang terbuat dari material yang kuat dan ringan menjadikan bobot dari laptop ExpertBook B5 ini sangat ringan untuk sekelas laptop bisnis. 

Bobot paling ringan ada pada ExpertBook B5 yang cuma berbobot 1 kg saja dan ExpertBook B5 Flip dengan bobot cuma 1,11 kg saja, menjadikan laptop yang sangat ringan ini mudah dibawa kemana - mana (portabilitas tinggi). Semakin ringan laptop menjadikan laptop bukan sebuah beban saat dibawa keluar perusahaan untuk kepentingan perusahaan.

5. LAPTOP BISNIS DENGAN KONEKTIVITAS TERKINI DAN TERLENGKAP
Menghadapi dinamika perusahaan perangkat komputasi terutama sebuah laptop harus bisa menyesuaikan akan kebutuhan konektivitass yang ada diperusahaan. ASUS ExpertBook B5 memiliki konektivitas yang sangat lengkap mulai dengan Port I/O yang melimpah dan koneksi nirkabel yang terbaru.

Port I/O terdiri dari :

  • 1x port USB Type-A bisa digunakan untuk tancapkan USB Flash Drive, HDD External, Printer, Scanner
  • 1x port HDMI 2.0 bisa digunakan untuk kegiatan presentasi menggunakan proyektor yang sekarang sebagian besar sudah menggunakan port HDMI
  • Jack audio 3.5mm combo untuk audio device.
  • 1x port Gigabit LAN via Micro HDMI untuk kebutuhan koneksi LAN yang lebih stabil dan cepat.
  • 2x port USB Type-C Thunderbolt™ 4 bisa digunakan untuk power delivery ( charger via USB Type-C ), extend monitor tambahan dengan resolusi hingga kualitas 8K dan transfer data dengan kecepatan tinggi hingga 40 Gbps.
Nirkabel terdiri dari :
  • WiFi 6 ( 802.11ax ) merupakan protokol wifi terbaru yang memungkinkan bisa dilalui bandwidth lebih cepat dan lebih stabil.
  • Bluetooth 5.0 ( Dual Band ) 2*2  koneksi nirkabel bisa untuk konektivitas audio, transfer data yang lebih stabil dan cepat.

6. LAPTOP BISNIS DENGAN FITUR TELECONFERENCE READY
Ini fitur yang sangat penting saat dimasa pandemi, dimana saat pemerintah dalam kondisi darurat maka semua pekerja yang memungkinkan harus bekerja dari rumah / work from home (WFH). Untuk kegiatan work from home fitur laptop harus mendukung penuh agar tidak menemui kendala selain kendala koneksi internet. Ada dua faktor yang harus diperhatikan agar kegiatan WFH bisa berjalan dengan lancar yaitu kamera yang mumpuni dan microphone audio yang berkualitas.

ASUS ExpertBook B5 pada webcamnya sudah memiliki resolusi 720p HD yang sudah cukup untuk kegiatan teleconference, apalagi pada webcamnya sudah menggunakan teknologi 3DNR yang sangat bermanfaat bisa menghilangkan noise yang dihasilkan kamera. Tidak ketinggalan pada webcam juga dilengkapi dengan penutup kamera secara fisik (Webcam Privacy Shield) untuk menjaga privacy karena pada webcam ada celah yang bisa kemungkinan diretas oleh hacker.    

ASUS ExpertBook B5 pada audio sudah mendukung Two-Way AI Noise-Cancelling yang sangat bermanfaat pada kejernihan suara saat teleconference. Audio microphonenya memiliki sistem kecerdasan AI untuk bisa mengenali dan mengeleminasi berbagai jenis suara bising (noise). Hebatnya lagi sistem ini juga bisa mengeliminasi suara bising / noise dari lawan bicara saat teleconference.  

7. LAPTOP BISNIS MODERN DENGAN PERFORMA DAN FITUR TERBAIK
Perangkat komputasi yang menjadi tumpuan untuk menunjang bisnis perusahaan adalah laptop bisnis selain tangguh juga harus memiliki perfomance yang mumpuni. Dengan perfomance yang mumpuni menjadikan produktifitas tetap terjaga bahkan bisa meningkat, karena semua pekerjaan yang semuanya dikerjakan dengan laptop tidak muncul keluhan akan performa laptop yang lambat.

Untuk menunjang produktifitas tersebut Laptop bisnis ASUS ExpertBook B5 sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics. Dari sisi RAM menggunakan DDR4 3200 MHz yang bisa diupgrade hingga 48GB dan pada storage menggunakan jenis PCIe 3.0 x4 SSD bisa diupgrade hingga 2TB yang merupakan jenis storage cukup kencang saat ini dengan kecepatan read hingga 3500 MB/s.

Kelemahan laptop yang dimensinya ringkas saat ini adalah tidak adanya keyboard numerik yang biasanya ditemukan di keyboard PC Desktop, laptop gaming dan semuanya memiliki dimensi lebih besar. Keyboard numerik di lingkungan kerja sebuah perusahaan pasti menjadi kebutuhan yang tidak lepas dari mengetik angka, oleh karena itu dengan adanya fitur NumberPad 2.0 di ASUS ExpertBook B5 adalah solusinya. Mengusung dimensi laptop yang ringkas dengan fitur NumberPad 2.0 bisa memanfaatkan luasnya area mousepad agar bisa digunakan sebagai area virtual tombol numerik.

ASUS ExpertBook B5 sebagai laptop modern juga dilengkapi fitur baru dengan ada led indikator yang terdapat dicover layar yang berguna sebagai penanda apabila pengguna sedang sibuk atau tidak saat didepan laptop. 

Untuk ASUS ExpertBook B5 Flip layarnya mendukung layar sentuh yang bisa digunakan layaknya tablet dan mendukung pen stylush semakin menambah produktifitas saat bekerja.  

8. LAPTOP BISNIS WAJIB MENGGUNAKAN WINDOWS 10 PRO ORIGINAL  
Laptop ASUS ExpertBook B5 sudah menggunakan Windows 10 Pro Original yang merupakan Sistem Operasi besutan microsoft didesain khusus untuk lingkungan enterprise. Di lingkungan enterprise faktor keamanan begitu penting untuk menjamin data didalam perusahaan aman dari serangan malware/virus dari luar dan fitur keamanan yang bisa mencegah data perusahaan tidak sampai bocor ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab. Di Windows 10 Pro ada beberapa fitur yang tidak ada di Windows 10 home, bisa dilihat tabel dibawah ini :

Features Windows 10 Home Windows 10 Pro
Start Menu Yes Yes
Cortana Yes Yes
Battery Saver Yes Yes
Windows Update Yes Yes
Cortana Yes Yes
Windows Hello Yes Yes
Virtual Desktop Yes Yes
Snap Assist Yes Yes
Continuum Yes Yes
Microsoft Edge Yes Yes
Device Encryption Yes Yes
Domain Join No Yes
Group Policy Management No Yes
Bitlocker No Yes
Remote Desktop No Yes
Microsoft Passport Yes Yes
Device Guard No Yes

Dari tabel diatas ada beberapa fitur yang ada di Windows 10 Pro tidak ditemukan di Windwos 10 Home dan semuanya berhubungan dengan security dan network, mulai dari :

  • Join Domain, perusahaan yang perangkat komputasi menerapkan sistem domain (Active Directory) bawaan windows server maka setiap komputer / laptop harus join domain. Dari sisi backend IT/MIS ada keuntungan bila menerapkan sistem domain (Active Directory) karena dari setiap client bisa diatur secara terpusat mulai dari hak akses, block USB, Print server, block install program illegal dan lain-lain. Demi keamanan jaringan dan data di dalam perusahaan dengan menerapkan join domain di setiap client memudahkan IT/MIS dalam mengendalikan aktivitas tiap client yang beresiko membuka lubang keamanan dalam sistem jaringan perusahaan.
  • Group Policy Management, merupakan fitur yang memungkinkan perangkat komputasi laptop itu bisa ditweak dan diatur sedemikian rupa agar lebih aman.
  • Bitlocker, merupakan fitur canggih untuk keamanan data dengan enkripsi data pada storage agar data tersebut tidak bisa diakses oleh orang - orang yang tidak bertanggung jawab.
  • Remote Desktop, fitur canggih yang bisa membantu IT / personil yang diberi akses khusus untuk bisa meremote desktop komputer server / di dalam perusahaan.
  • Device Guard, fitur eksklusif yang bisa melindungi perangkat komputasi laptop dari serangan malware dan aplikasi berbahaya yang tidak dikenali pembuatnya.

9. SPESIFIKASI

CPU Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)
Operating System Windows 11 Pro
Memory Up to 48GB DDR4 3200MHz RAM
Storage Up to 2TB PCIe SSD with RAID Support
Display 13,3" (16:10) OLED Full-HD (1920x1080) 400nits DCI-P3:100% NanoEdge display, PANTONE Validated Display, VESA TrueBlack HDR, TÜV Rheinland eye care certified, 92% screen to body ratio
Graphics Intel Iris Xᵉ Graphics
Input/Output 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.0b, 1x micro HDMI (RJ45 LAN), 1x 3.5mm Combo Audio Jack
Camera 720p HD camera
Connectivity Wi-Fi 6 (802.11ax) + Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
Audio Built-in speaker, Built-in array microphone, Cortana supported
Battery 66WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension 30.90 x 21.06 x 1.69 ~ 1.69 cm
Weight 1.11kg
Colors Black
Price Start from Rp22.XXX.XXX
Warranty 2 tahun garansi global with optional warranty upgrades


CPU Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)
Operating System Windows 11 Pro
Memory Up to 48GB DDR4 3200MHz RAM
Storage Up to 2TB PCIe SSD with RAID Support
Display 13,3" (16:10) OLED Full-HD (1920x1080) 400nits DCI-P3:100% NanoEdge display, PANTONE Validated Display, VESA TrueBlack HDR, TÜV Rheinland eye care certified, 92% screen to body ratio
Graphics Intel Iris Xᵉ Graphics
Input/Output 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.0b, 1x micro HDMI (RJ45 LAN), 1x 3.5mm Combo Audio Jack
Camera 720p HD camera
Connectivity Wi-Fi 6 (802.11ax) + Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
Audio Built-in speaker, Built-in array microphone, Cortana supported
Battery 66WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension 30.90 x 21.06 x 1.69 ~ 1.69 cm
Weight 1.11kg
Colors Black
Price Start from Rp21.XXX.XXX
Warranty 2 tahun garansi global with optional warranty upgrades

Mas Anto mendengarkan penjelasan panjang lebar dari saya menjadi mengerti mengapa dalam pembelian perangkat komputasi di perusahaan juga memerlukan analisa TCO ( Total Cost of Ownership ). Dengan menganalisa TCO suatu perangkat komputasi salah satunya sebuah laptop setidaknya memberi benefit bagi sistem IT diperusahaan dan menaikkan performa di bagian purchasing dalam analisa biaya - biaya yang dikeluarkan perusahaan.

Pasca pandemi trend kasusnya bisa naik dan bisa turun, menjadi sadar akan pentingnya laptop yang tangguh, cepat dan aman untuk menunjang bisnis tetap jalan bila suatu saat menjalankan WFH maupun WFO. Banyak potensi - potensi yang menyebabkan laptop bisa rusak dan keamanan data yang hilang maupun dicuri saat laptop dibawa untuk WFH, oleh karena itu untuk tetap produktif dikondisi pasca pandemi Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B5 merupakan jawabannya.    


sumber :
asus.com
markey.id
plimbi.com
microsoft.com

You might also like

3 comments

  1. Keren banget laptop ASUS ini. Semoga bisa meminangnya.

    ReplyDelete
  2. Ulasan yang paling lengkap, semoga beruntung. Btw ExpertBook B5 emang keren abis sih

    ReplyDelete

Jangan Nyepam Yah..:)