LAPTOPNYA ERA MILENIAL " ASUS ZENBOOK UX333/UX433/UX533 "

Dulu rumus pakem yang berasal dari review banyak media bahwa perfomance laptop gahar itu dilihat dari CPU yang terkini dan kencang, VGA dedicated yang seri highend spesial untuk gaming, RAM teknologi terkini yang memiliki density tinggi 8GB ke atas, HDD kapasitas 500GB ~ 1TB jaminan dah....siapa saja yang melihat atau mendengarkan spesifikasi laptop ini bakal tercengang, kapan yah bisa memiliki laptop ini dan anggapannya pasti pakai laptop ini bakal wus - wus - wus - wus...bahkan belum tekan apa-apa sudah wuss ( laptopnya kena hack / virus dongg 😛😛😛 ). Memang dulu laptop highend itu powerfull bila saat dipakai untuk gaming, editing photo / video namun bila dipakai sekedar pemakaian biasa seperti startup nyalakan awal, banyak buka file music, photo, video, dokumen, presentasi dll pasti sangat menderita karena lambatnya proses read dan write pada teknologi HDD.
LAPTOPNYA ERA MILENIAL " ASUS ZENBOOK UX333/UX433/UX533 "
Dulu memiliki laptop core i5/i7 termasuk keren, desain laptopnya identik besar dan perfomancenya bisa diandalkan buat pekerjaan berat. Laptop besar pasti memiliki layar yang besar tentunya membuat mata jadi nyaman untuk melihat layar yang luas apalagi buat yang sudah berumur layar besar bisa salah satu spesifikasi yang wajib untuk kebutuhan laptopnya. Tidak hanya layar saja yang besar desainnya juga jadi bulky ( tebal ), mungkin sama desainer laptopnya dibuat agar ruang dalam laptop lebih besar untuk sirkulasi panas dan besar pendinginnya juga menyesuaikan untuk kebutuhan pendingin CPU dan VGA dedicated yang merupakan sumber panas nomer satu di laptop.

Dulu laptop itu ndak cocok banget buat pengguna yang berhubungan dengan accounting / finance pasti hubungannya sama angka - angka numerik yang bakal banyak diketik. Memang dilaptop angka numeriknya 1 ~ 0 berjejer berurutan dari kiri ke kanan, untuk kecepatan mengetik numerik sangat tidak disarankan dan bisa saja mengaktifkan fungsi numlock di keyboard namun tetap saja di laptop angka numeriknya berjauhan. Untuk menutupi kekurangan kemampuan laptop saat mengetik numerik, akhirnya ada perusahaan yang berhasil menangkap peluang usaha untuk membuat keyboard khusus numerik dan memiliki ukuran cukup kecil dengan menggunakan koneksi USB. Sangat terbantu dengan adanya solusi keyboard tersebut namun akhirnya jadi ribet bawa banyak alat selain charger. Selain itu kalau ingin keyboard numerik khusus bisa membeli laptop yang berukuran mulai 15 inch keatas bakalan tersedia keyboard numeriknya, namun dibalik itu bagi pengguna ibu - ibu accounting / finance bakal pikir - pikir membawa laptop besar ini buat dibawa kerja.
LAPTOPNYA ERA MILENIAL " ASUS ZENBOOK UX333/UX433/UX533 "
Dulu pengguna mobilitas tinggi, sering membawa laptop kemana - mana untuk traveling, ketemu client, presentasi, cari inspirasi di cafe dll, pasti menginginkan laptop yang ringan karena gak bakal ribet bawa laptop yang berat dalam tas. Setelah memiliki laptop yang ringan ternyata mengeluh terhadap body laptopnya yang ringkih tidak kuat menghadapi tekanan dari berbagai sudut laptop saat dimasukkan dalam tas yang biasanya kena imbas adalah layarnya yang rusak. Karena laptopnya ingin dijaga tidak mudah rusak, akhirnya laptop tersebut tidak dibawa kemana-mana hanya dipakai dirumah saja...jadi rugi beli deh 😢😢😢 laptop ringan mahal - mahal cuma dipakai dirumah saja.

ITU DULUU......😭😭😭

Dari beberapa cerita keluh - kesah diatas menjadi pembelajaran berharga buat para produsen hardware maupun laptop, sangat diperlukan solusi dari hebatnya perkembangan teknologi yang terus bergulir tiada henti. Rentetan teknologi yang memberi solusi ini yang menjadikan produsen laptop terus bersinergi agar bisa menterjemahkan akan keberadaan teknologi yang ada dengan laptop buatannya untuk bisa menjawab tuntutan akan sebuah laptop yang hebat.

Awal tahun 2019 ini banyak produsen laptop yang mengeluarkan lini produknya yang paling keren, salah satunya adalah brand laptop dari taiwan yang sekarang menyandang predikat brand laptop nomor 1 di indonesia yaitu ASUS. Pertengahan januari 2019 Asus kembali memperbarui lini laptopnya yang termasuk dalam segmen ultrabook ( laptop ringkas dan ringan ) dengan 3 type sekaligus yaitu Asus ZenBook 13 UX333, ZenBook 14 UX433 dan ZenBook 15 UX533. 3 Lini laptop tipis dan ringan ini ternyata memiliki kode 2 digit terakhir yang sama yaitu angka 33 dan oleh asus laptop ini bila dilihat secara fisik luar sebenarnya dibedakan dengan ukuran layarnya saja.

LAPTOP ERA MILENEAL TAHUN 2019...😎😎😎
3 lini laptop Asus ini diluncurkan dengan mengedepankan teknologi dan fitur baru yang akan memutarbalikan 180° keluh - kesah pengguna laptop dahulu seperti yang ada diawal alur cerita artikel ini. Baik dimulai saja.....fitur dan teknologi apa saja yang bisa memberikan solusi mengenai kendala laptop terdahulu, inilah jawabannya dari trio ZenBook keren ini :

SPESIFIKASI

Main Spec. ZenBook 13 UX333, ZenBook 14 UX433, ZenBook 15 UX533
CPU Intel Core i5 8265U Quad Core Processor (6M Cache, up to 3.4GHz)
Intel Core i7 8565U Quad Core Processor (8M Cache, up to 4.6GHz)
OS Windows 10 Home
Memory Up to 16GB LPDDR3 RAM ( UX333 & UX433 )
Up to 16GB LPDDR4 RAM ( UX533 )
Storage 256GB/512GB M.2 NVMe PCIe SSD
Display 13,3” (16:9) FHD (1920x1080) with NanoEdge Display (UX333)
14” (16:9) FHD (1920x1080) with NanoEdge Display (UX433)
15,6” (16:9) FHD (1920x1080) with NanoEdge Display (UX533)
Graphics Discrete graphics NVIDIA GeForce GTX 1050 Max-Q (UX533)
Discrete graphics NVIDIA GeForce MX150 (UX333 & UX433)
Integrated Intel UHD Graphics 620
Input/Output 1 x USB3.1 Type-C (GEN 2), 1x USB 3.1 Type-A (Gen 2), 1x USB 3.1 Type-A (Gen 1), 1 x HDMI, 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x MicroSD Card Reader
Camera HD IR/RGB Combo Camera
Connectivity Dual-band 802.11ac gigabit-class Wi-Fi, Bluetooth 5.0
Audio Harman Kardon certified audio system with ASUS SonicMaster surround-sound technology, Array microphone with Cortana voice-recognition support
Battery 50WHrs 3-cell battery (UX333 & UX433)
73WHrs 4-cell battery (UX533)
Dimension (WxDxH) 302 x 189 x 16,9 mm (UX333)
(WxDxH) 319 x 199 x 15,9 mm (UX433)
(WxDxH) 354 x 220 x 17,9 mm (UX533)
Weight 1,19Kg with Battery (UX333 & UX433)
1,67Kg with Battery (UX533)
Colors Royal Blue, Icicle Silver, Burgundy Red
Warranty 2 tahun garansi global

DESIGN
Solusi mengenai kebutuhan layar besar yang identik dengan laptop yang besar dan berat, menjadikan laptop besar ini menambah beban penggunanya. Tidak ada solusi lain selain transformasi teknologi desain pada layar yaitu teknologi Four Way Frameless NanoEdge Design.

Apa sih sebenarnya teknologi Four Way NanoEdge Design ?
LAPTOPNYA ERA MILENIAL " ASUS ZENBOOK UX333/UX433/UX533 "
Four Way Frameless Nanoedge Design adalah teknologi yang tertanam pada lini Trio ZenBook dengan mengedepankan 4 sisi layar yang UltraSlim Bezel. Tidak hanya tipis di sisi kanan - kiri pada sisi atas - bawah juga memiliki bezel yang ultra tipis. Nah....bagaimana ketipisan Trio ZenBook ini bisa lihat detail bezel dan body ratio pada 3 type laptop dibawah ini :
LAPTOPNYA ERA MILENIAL " ASUS ZENBOOK UX333/UX433/UX533 "
Adanya Four Way Frameless Nanoedge Design ini yang akhirnya menjadikan trio ZenBook ini menyandang laptop paling ringan di kelasnya mulai dari ZenBook UX333-UX433 1,19 Kg dan ZenBook UX533 1,69 Kg. Laptop ringan identik dengan kecil bila acuan pada layarnya dikelas laptop layar 13" ZenBook UX333 merupakan salah satu laptop terkecil di dunia, layar 14" di ZenBook UX433 setara dengan laptop lainnya seukuran 13,3" dan layar 15" di ZenBook UX533 setara dengan laptop  layar 14" lainnya dan perlu diakui itulah hebatya teknologi Four Way Frameless NanoEdge.
Akibat penerapan Four Way NanoEdge Design pada trio ZenBook ini menjadi laptop semakin ringan dan kecil, apalagi saking tipisnya bezel layar jadi tampak kaca semua oleh karena itu trio ZenBook ini bisa mendapat Screen to Body Ratio 95% ( UX333 )  dan 92% ( UX433-UX533).
Selain canggihnya layar dengan NanoEdge Design, Trio laptop ini sudah mengusung layar kualitas FullHD ( 1920x1080 ) untuk menghasilkan tampilan yang tajam dan juga area desktop cukup luas cocok untuk jalankan aplikasi yang syarat dengan menu yang komplek. Kekayaan warna pada layar trio Zenbook mendukung sRGB 100%, fitur khas Asus Splendid dan Asus Tru2life memberi visual layar yang terang dan akurat dalam membuka konten apapun.
LAPTOPNYA ERA MILENIAL " ASUS ZENBOOK UX333/UX433/UX533 "
Layar keren dilanjutkan dengan fitur yang juga cukup revolusioner dimana pabrikan dari taiwan bisa dibilang pertama kali yang menerapkan fitur ini yaitu NumberPad, dimana fungsi touchpad yang selama ini berfungsi untuk mouse dan navigasi berubah fungsinya menjadi keypad numerik. Canggihnya lagi saat dipakai fungsi untuk NumberPad fungsi awal sebagai touchpad masih bisa digunakan untuk menggerakkan pointer mouse. Bagi wanita yang menginginkan laptop yang kecil dan ringan digunakan untuk kerja dibagian keuangan dan accounting pasti berhubungan dengan input data banyak angka, lupakan keyboard numerik USB tambahan atau pakai laptop 15" yang ada keyboard numeriknya, solusi NumberPad pada Zenbook 13 dan Zenbook 14 adalah jawabannya. Fungsi NumberPad yang futuristis ditunjang dengan keyboard yang nyaman adalah satu kesatuan desain laptop yang cukup pintar, karena di keyboardnya memiliki key travel 1,4 mm yang menjadikan laptop ini sangat nyaman digunakan untuk mengetik dan tidak ketinggalan fitur backlit yang menjadikan fungsi keyboard lebih fungsionalitas saat mengetik pada kondisi ruangan yang minim cahaya.

Fitur NumberPad yang fungsionalitas dan ada satu lagi yang menjadikan desain trio Zenbook ini semakin revolusioner selain NumberPad yaitu ErgoLift Hinge. Apa sih ErgoLift Hinge ? kok agak asing kata - katanya. OK....sedikit penjabaran dibawah ini bagaimana kerja ErgoLift Hinge merupakan desain revolusioner :
LAPTOPNYA ERA MILENIAL " ASUS ZENBOOK UX333/UX433/UX533 "
1. Menurut Asus posisi paling nyaman untuk mengetik adalah posisi kemiringan keyboard 3° dari permukaan dan posisi sudut buka layar pada 141°~145°. Kondisi seperti ini oleh Desainer Asus diterjemahkan dengan teknik ErgoLift Hinge yang mengacu tumpuannya pada ujung bawah layar, jadi saat membuka layar sampai 141° ~ 145° maka otomatis keyboard akan terangkat dengan kemiringan hingga 3°. Dengan teknik ini pengguna saat menggunakan laptop sudah disuguhi posisi keyboard yang nyaman dan sudut tampilan layar yang terbaik.

2. Akibat desain ErgoLift Hinge menjadikan bawah laptop terangkat hingga kemiringan 3°, rongga yang ada dibawah sasis laptop menjadikan ventilasi pendinginan lebih maksimal karena aliran udaranya jadi lebih leluasa untuk menarik udara segar dan membuang udara panas dari dalam laptop.

3. Dukungan speaker Harman Kardon dan fitur Asus SonicMaster bersinergi dengan desain ErgoLift Hinge, memanfaatkan rongga yang tercipta dibawah sasis laptop untuk memaksimalkan sistem audio agar tercipta suara speaker yang kuat, suara yang lebih jernih.

PERFOMANCE
Sekarang perfomance laptop dibilang keren bisa dilihat spesifikasi dari 4 komponen, mulai dari CPU, GPU, RAM dan terakhir adalah Storage, yang mana storage sekarang bisa dibilang adalah serpihan komponen terakhir sebuah laptop agar menjadi sebuah laptop dengan kinerja maksimal 100%. Keberadaan storage menggunakan system chip pada teknologi SSD yang saat ini terus berkembang menjadikan laptop semakin ringan, irit, tahan goncangan dan pastinya perfomance menjadi semakin super kencang. Trio ZenBook secara default sudah disematkan teknologi storage PCIe 3.0 SSD, yang saat ini adalah solusi teknologi storage terkini untuk memberi jaminan perfomance dari sebuah laptop semakin super cepat, untuk lebih meyakinkan bisa dilihat ilustrasi gambar dibawah kecepatan PCIe SSD 14x lebih cepat dari teknologi HDD dan 5x lebih cepat dari teknologi SSD.
LAPTOPNYA ERA MILENIAL " ASUS ZENBOOK UX333/UX433/UX533 "
Untuk otaknya CPU laptop ini menggunakan Intel Core i5/i7 Generasi 8 yang memberi perfomance lebih baik dari generasi sebelumnya yang mana dalam core prosesor tertanam 4 core ditunjang dengan teknologi Hyper Threading menjadi setara dengan kinerja 8 core dan frekuensi yang dijalankan bisa boost 3,9 GHz untuk core i5-8265U dan boost 4,6 GHz untuk core i7-8565U. Terima kasih buat Intel yang menjadikan laptop trio ZenBook ini lebih bertenaga untuk menjalankan aplikasi berat seperti render video dan photo yang kesemuanya sangat mengandalkan kinerja dari sebuah CPU.
LAPTOPNYA ERA MILENIAL " ASUS ZENBOOK UX333/UX433/UX533 "
Untuk GPU atau graphic integrated yang dimiliki trio Zenbook menggunakan besutan dari si hijau Nvidia yaitu Nvidia MX150 dan GTX-1050 Max-Q, kedua lini dari Nvidia ini menggunakan arsitektur pascal yang menggunakan fabrikasi 14 nm. Keduanya sudah mendukung directx 12 cocok untuk gaming dan yang penting untuk pengguna antusias di dunia editing foto/video keberadaan fitur CUDA yang support untuk banyak aplikasi editing foto dan video menjadikan proses rendering foto / video lebih cepat dengan memanfaatkan ribuan core yang terdapat pada GPU.
Untuk RAM bagaimanapun juga adalah menjadi komponen pendukung agar perfomance laptop lebih lancar saat membuka aplikasi, apalagi membuka banyak aplikasi sangat disarankan untuk memiliki kapasitas RAM yang besar. Trio Zenbook ini sudah mendukung RAM kapasitas tinggi hingga 16GB, untuk Zenbook 13 - 14 mendukung RAM frekuensi tinggi LPDDR3 2133 MHz dan untuk Zenbook 15 lebih powerfull dengan frekuensi lebih tinggi lagi LPDDR4 2400 MHz.

MILITARY GRADE
Memiliki laptop idaman dengan spesifikasi yang menghasilkan kinerja yang mumpuni untuk gaming, photo / video editing ditambah dengan ukuran fisiknya yang cukup kecil dan ringan dikelasnya, apalagi teknologi NanoEdge Display yang sangat tipis bezel dilayarnya perlu ada jaminan daya tahan ( durability ) bagi pengguna agar laptopnya tidak dilabeli laptop yang ringkih. Percuma laptop idaman yang dimiliki sangat keren namun memiliki label ringkih, pengguna bakal tidak tenang menggunakannya mau dibawa traveling takut rusak bila dimasukan dalam tas, dibawa hangout / presentasi di client cukup hati - hati karena takut rusak kena tekanan benda keras saat didalam tas oleh karena itu perlu ada jaminan sertifikasi Military Grade dari sebuah laptop.
LAPTOPNYA ERA MILENIAL " ASUS ZENBOOK UX333/UX433/UX533 "
Untuk Trio ZenBook UX333, ZenBook UX433 dan ZenBook UX533 oleh asus didesain sudah memenuhi sertifikasi Military Grade MIL-STD-810G, tentunya Asus sadar pada trio Zenbook ini yang memiliki label laptop paling ringan, laptop memiliki bezel tipis dan laptop paling kecil dikelasnya jadi identik dengan laptop yang ringkih, namun semua itu langsung sirna dengan adanya sertifikasi Military Grade MIL-STD-810G yang dimiliki Trio ZenBook ini menjadikan laptop ini memiliki label laptop paling kecil, ringan dan tidak lupa laptop  " paling kuat ".
Perlu diketahui sertifikasi Military Grade MIL-STD-810G adalah sertifikasi yang bisa diperoleh apabila laptop ini telah lulus uji ekstrem kelayakan mulai dari drop test, vibration test, altitude test, high temperature test dan low temperature test.

FACE SCAN DENGAN WINDOWS 10 HELLO
Laptop dulu itu ada kameranya hanya spesifikasi biasa - biasa saja dan hanya difungsikan untuk webcam yang biasa digunakan untuk teleconference dll. Kali ini dengan memanfaatkan fitur windows Hello di Windows 10 selain fitur fingerprint sekarang ditambah pula fitur pengenalan wajah dengan dengan memanfaatkan kamera webcam. Login dulunya dipermudah dengan tanpa perlu password / pin cukup dengan biometric sidik jari / fingerprint kali ini dipermudah lagi dengan login menggunakan pengenalan wajah. Dengan memanfaatkan kamera webcam agar cepat responsifnya perlu kualitas kamera yang bagus oleh karena itu pada trio Zenbook ditanam kamera webcam dengan kualitas HD plus 4P elemen lensa tipis untuk menghasilkan gambar yang lebih tajam, rendah noise dan juga bisa menyesuaikan bezel zenbook yang tipis.
LAPTOPNYA ERA MILENIAL " ASUS ZENBOOK UX333/UX433/UX533 "
Laptop ini sudah ada fitur backlit pada keyboard wajar juga bila aktifitas mengetik juga dilakukan diarea yang minim cahaya, agar fiturnya seimbang pada trio Zenbook ini juga ada fitur kamera Infra Red (IR) canggih agar saat hands-free face login bisa cepat dan responsif tanpa ada kendala saat pengenalan wajah di area yang minim cahaya.

KONEKTIFITAS
Tipisnya trio Zenbook ternyata tidak menghalangi kelengkapan port - port pada laptop, port - port yang fungsionalitas dan terkini bisa ditemukan pada laptop ini. Mulai Port HDMI yang sudah universal ada di banyak merk proyektor, tentunya saat presentasi jadi semakin mudah dan kualitas presentasi yang disuguhkan lebih memukau. Port USB 2.0 x1, USB 3.1 Type A x1, USB Type-C 3.1 Gen 2 x1 menjadikan laptop lebih leluasa untuk disandingkan berbagai perangkat lainnya yang sudah banyak menggunakan port USB seperti printer, HDD external, Flashdisk, USB Hub dll. Tidak ketinggalan microSD card reader menjadikan laptop ini lebih mudah untuk berbagi / transfer data dari smartphone, kamera dll.
LAPTOPNYA ERA MILENIAL " ASUS ZENBOOK UX333/UX433/UX533 "
Untuk konektifitas nirkabel laptop canggih ini juga sudah mengimplementasikan teknologi nirkabel terbaru mulai dari Wi-Fi Dual Band gigabit-class 802.11ac dan Bluetooth V5.0 dengan teknologi Asus Wi-Fi Master. Dengan Asus Wi-Fi Master laptop ini bisa menggunakan koneksi Wi-Fi semakin cepat dan daya jangkau lebih luas. Dari hasil percobaan internal Asus dengan Wi-Fi Master kecepatan Wi-Fi 2x2 802.11ac pada laptop ini bisa menghantarkan kecepatan hingga 1734 Mbps yang mana 12x lebih cepat dibandingkan laptop yang memiliki Wi-Fi 1x1 802.11n. Sudah cepat pengguna juga dipermudah untuk menikmati streaming video youtube kualitas FullHD meskipun dari jarak 300 meter.
Dalam dunia Wi-Fi sudah diakui sekarang sudah banyak perangkat yang menggunakan teknologi USB 3.1 dan untuk dilingkungan perangkat nirkabel Wi-Fi perangkat yang menggunakan USB 3.1 sangat berpengaruh pada interfensi signal Wi-Fi oleh karena itu perangkat USB 3.1 ini harus dijauhkan dari perangkat Wi-Fi yang ada, lain cerita bila ada fitur Asus Wi-Fi Master dengan jarak terjauh 225 meter masih stabil signal Wi-Fi-nya dibandingkan tanpa Wi-Fi Master cuma bisa jarak terjauh 160 meter.
Tidak ketinggalan teknologi nirkabel Bluetooth V5.0 yang ada di trio Zenbook ini menjadikan laptop ini lebih kompatibel untuk disandingkan dengan perangkat bluetooth lainya dan yang penting teknologi versi yang terbaru ini juga lebih berdaya rendah.

BATERAI
Ternyata label laptop tipis dan kecil pada trio Zenbook ini tidak dilupakan oleh desainer Asus untuk mendesain laptopnya yang tahan lama saat dipakai. Dari hasil pengujian internal Asus dengan ditanam baterai Li-Polimer 50 Wh ( Zenbook UX333-UX433) menjadikan laptop ini bisa bertahan hingga 14 jam, beda lagi Zenbook 15 UX533 dengan baterai Li-Polimer 73 Wh mampu bertahan hingga 17 jam.
LAPTOPNYA ERA MILENIAL " ASUS ZENBOOK UX333/UX433/UX533 "

Asus sebagai brand laptop no.1 di Indonesia kembali menghadirkan 3 laptop yang cukup ideal dan seimbang. Antara perfomance, fitur, durability dan daya tahan baterai yang dimiliki 3 laptop ini memberi solusi buat pengguna yang antusias ingin mencari laptop idamannya. Memang biasanya laptop yang kecil, tipis dan ringan identik dengan laptop yang ringkih dan memiliki daya tahan baterai yang pas-pasan namun di trio Zenbook ini anggapan itu tidak ada sama sekali. Oh yaa untuk after sales laptop asus ini sampai 2 tahun dan di Indonesia banyak Asus Service Center ( ASC ) yang tersebar di beberapa kota - kota besar dan kecil. Bagaimana pemirsa tertarik ! untuk harganya laptop ini sesuai tabel dibawah ini :


ZenBook 13 UX333FN ZenBook 14 UX433FA
Rp 18.299.000 Rp 15.299.000
(i5-8265U/MX150/8G/512G PCIe/FHD/Win 10) (i5-8265U/UMA/8G/256G PCIe/FHD/Win 10)
Rp 22.999.000
(i7-8565U/MX150/16G/512G PCIe/FHD/NUMPAD/Win 10) ZenBook 14 UX433FN
Rp 18.299.000
ZenBook 13 UX333FA (i5-8265U/MX150/8G/512G PCIe/FHD/Win 10)
Rp 15.299.000 Rp 22.999.000
(i5-8265U/UMA/8G/256G PCIe/FHD/Win 10) (i7-8565U/MX150/16G/512G PCIe/FHD/NUMPAD/Win 10)
ZenBook 15 UX533FD
Rp 26.999.000
(i7-8565U/GTX1050Q/16G/512G PCIe/FHD)


source :
http://www.travelerien.com/2019/01/asus-zenbook-worlds-smallest-laptop-blog-ig-competition.html
https://www.asus.com/id
https://www.murdockcruz.com
https://www.guidingtech.com
https://ark.intel.com
https://www.notebookcheck.net
http://rumaheditor.com

You might also like

8 comments

  1. Aku tertarik dengan fitur numpadnya, hihihi ketauan suka ngitung di laptop.

    ReplyDelete
  2. kapan bisa punya laptop tipis, ringan tapi powerful, pegel juga bawa laptop gede

    ReplyDelete
  3. Emang laptop milenial zenbook nih. Iya aku juga suka sama numpadnya keren ya...

    ReplyDelete
  4. @dirga enggar.....wah aq juga pingin

    ReplyDelete
  5. @rina darma numpad = revolusioner

    ReplyDelete
  6. Laptop yahud untuk konten kreator. Apalagi ada military grade.

    ReplyDelete
  7. @dedyhuang betul banget....lupakan imac..cakepan ini :)

    ReplyDelete

Jangan Nyepam Yah..:)