Asus Zenfone Max M2 " Smartphone Pilihan Berdasarkan 4 Tips Cara Membeli Smartphone Idaman versi Arifdoit "

Sekarang banyak bertebaran smartphone keluaran terbaru yang banyak mengunggulkan berbagai fitur dan spesifikasi yang menggiurkan. Bisa dibilang mencari gadget smartphone saat ini seperti kita diberada di mini supermarket mau mencari minuman segar dan didepan rak minuman itu jadi bingung karena begitu banyaknya minuman yang ada dirak mulai dari berbagai rasa, berbagai manfaat dan juga berbagai macam harganya.
Begitu juga mau beli gadget smartphone.....mendatangi salah satu toko seluler tanpa memiliki tujuan smartphone idaman yang mau dibeli bakal bingung dan pusing menghadapi berbagai type smartphone yang ada, apalagi para sales merk lain dengan gencarnya terus menawarkan type smartphone unggulannya, akhirnya saat berada di toko seluler jadi bingung dan pusing.....parahnya malah ndak jadi beli smartphone 😛😛😛.
Asus Zenfone Max M2 " Smartphone Pilihan Berdasarkan 4 Tips Cara Membeli Smartphone Idaman versi Arifdoit "
source : blogs.opera.com
Biar tidak pusing saat menghadapi kenyataan di toko seluler, arifdoit bagi 4 tips tipis - tipis memilih smartphone idaman, ....yuk disimak :

1. KALKULASI BUDGET
Sebelum beli smartphone diawali dengan mencari banyak informasi smartphone idaman yang mau dibeli, tentunya disesuaikan budget yang ada. Budget yang dialokasikan itu sangat penting sekali agar tidak terjerumus dari defisit anggaran untuk menghadapi biaya hidup hari - hari berikutnya. Percuma menginginkan smartphone idaman harga puluhan juta tapi tidak bakal didapatkan dalam waktu dekat, jangan lagi menjadi korban - korban berikutnya seperti cerita - cerita yang banyak viral di media sosial, seseorang sampai jual ginjal hanya untuk bisa beli smartphone idamannya, namun sungguh tragis beberapa bulan kemudian smartphone itu hilang dicuri maling atau adalagi yang sampai si penjual ginjal ini kesehatannya menurun dan sakit-sakitan karena saat proses operasi pengambilan ginjal tidak higenis akhirnya tidak bisa produktif mencari nafkah lagi.

2. MENCARI KISI - KISI SMARTPHONE TERKINI
Bagi yang masih gaptek maupun sudah paham dunia smartphone alokasikan waktu untuk mencari informasi - informasi ringan ( kisi - kisi ) mengenai teknologi dan fitur yang terbaru dunia smartphone. Setidaknya dengan mendapatkan informasi ini saat beli smartphone tidak ada kata - kata menyesal " Wah baru beli seminggu lalu smartphone XXX......ehh ternyata sudah keluar lagi generasi berikutnya yang lebih keren ".
Diakui untuk dunia smartphone banyak juga kondisi - kondisi seperti itu dan itu wajar karena perkembangan teknologi dan kecepatan mengeluarkan produk - produk terbaru dari sebuah produsen smartphone itu sangat cepat mulai dari upadate dari sisi CPU, storage, kamera, layar, desain dll jadi bagi kita sebagai pengguna harus menerima kenyataan itu.

3. PERDALAM INFORMASI SMARTPHONE IDAMAN
Sudah dapat informasi ringan smartphone terkini saatnya untuk memfokuskan smartphone pilihan, Arifdoit sarankan mulai memperdalam informasi smartphone dengan mencari informasi smartphone itu ke berbagai situs review / preview mulai dari media, blog, forum dan youtube, diharapkan semakin mengetahui lebih dalam kekurangan dan kelebihan dari smartphone yang akan dibeli tentunya sesuai dengan fitur dan teknologi yang terkini...Yakinlah dengan memperdalam informasi smartphone idaman kita tidak bakal terkecoh akan rayuan dari sales - sales smartphone merk lain.

4. SIAPKAN PILIHAN CADANGAN
Setelah mendapatkan informasi yang akurat dari teknologi, fitur dan harga dari berbagai media mulai dari preview, review smartphone, siapkan plan A untuk smartphone type A dan plan B untuk smartphone type B, bahkan bisa juga plan C, D dst, dengan begitu saat lihat langsung smartphone type A di toko selular ternyata tidak sesuai ekspetasi setidaknya punya pilihan lain untuk melihat langsung smartphone type B dan juga saat di toko selular itu pendirian kita tidak mudah digoyahkan oleh doktrin - doktrin dari para sales yang tentunya akan terus menggoyahkan pendirian agar mau membuyarkan pilihan smartphone idaman yang akan dibeli.

Sudah itu aja 4 tips tipis - tipis dari dari arifdoit semoga bermanfaat saat mencari smartphone idaman.

Ehh....artikel ini-kan mau diikutkan lomba blognya Om Yahya dari 4 tips diatas ndak nyambung sama sekali.....😂😂😂. Baik - baik kali ini arifdoit akan berusaha menyambungkan 4 tips diatas agar sesuai dengan syarat dan ketentuan dari lomba blog Om Yahya.

Suatu hari arifdoit sebagai seorang bapak mencari smartphone baru untuk anak laki yang digunakan untuk mempermudah komunikasi dan salurkan hobby fotography / videography, tentunya mau beli smartphone yang memiliki harga terjangkau tapi perfomance, layar, kamera, baterai dan fitur lain yang mumpuni ( prinsip murah tapi minta bagus dan awet ). Dimulai simulasinya sesuai 4 tips diatas :

Sesuai Poin 1 Kalkulasi Budget....Poin krusial menentukan pilihan smartphone yang berhubungan dengan harga alias budget. Kali ini arifdoit alokasikan budget untuk beli smartphone baru kisaran 2 ~ 2,5 juta, sesuai dengan hasil menyisihkan gaji dan hasil menabung. Sebagai kepala rumah tangga harus diatur keuangannya, uang hasil gajian bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya seperti keperluan dapur, sekolah anak dan dana cadangan bila ada kebutuhan yang mendadak.

Dilanjutkan Poin 2 Mencari kisi - kisi tentang perkembangan gadget yang lagi trend saat ini. Akhir tahun 2018 dan awal tahun 2019 ada perkembangan teknologi CPU baru dari Qualcomm dengan Snapdragon 632-710-855, Mediatek dengan Helio X20 dan Kirin 980. Untuk sisi kamera lagi trend dengan adanya fitur AI ( Artificial Intellegence ) yang mampu mengenali object yang akan di photo sistem kamera akan otomatis melakukan prosesing setingan terbaik pada fokus dan pengaturan warnanya agar menghasilkan photo yang bagus. Untuk baterai sepertinya minimal 3000 ~ 5000 mAh cukup ideal bila digunakan seharian aktivitas di sekolah dan di rumah. Untuk layar sepertinya lagi ramai dibahas ada yang pro dan kontra dengan adanya notch / poni namun adanya notch screen to body ratio jadi naik, mestinya layar yang luas jadi lebih enak. Dari perkembangan trend gadget yang baru diatas, bila disesuaikan dengan budget Snapdragon 632 dan Helio X20 lebih tepat sasarannya untuk budget yang ada, namun dari informasi yang beredar saat ini CPU dari Quallcomm is the best. Saatnya cari tahu smartphone yang menggunakan CPU Qualcomm Snapdragon 632 dan hasilnya untuk di Indonesia baru pertama kali smartphone keluaran dari Asus yang menggunakan CPU ini yaitu Zenfone Max M2.

Poin 3 Perdalam Informasi Smartphone Idaman, Informasi mengerucut pada Zenfone Max M2 yang ternyata barusan dilaunching Asus Indonesia di bulan desember akhir tahun 2018. Smartphone ini sudah menggunakan CPU Qualcomm Snapdragon 632, untuk spesifikasi detailnya sebagai berikut :
Asus Zenfone Max M2 " Smartphone Pilihan Berdasarkan 4 Tips Cara Membeli Smartphone Idaman versi Arifdoit "
Termasuk smartphone level Mid-End, namun dari spesifikasi dan fiturnya yang diusung cukup mumpuni dan tidak kalah sama smartphone type lainnya. Mulai dari Perfomance, Layar, Kamera, Baterai dan fitur lainnya Zenfone Max M2 cukup menarik untuk dijadikan smartphone pilihan. Dari berbagai preview / review di media online juga keren smartphone ini, Nah....saatnya memperdalam informasi smartphone idaman Asus Zenfone Max M2. Dimulai dari :

1. PERFOMANCE
Menggunakan CPU terbaru dari Qualcomm Snapdragon 632 yang merupakan CPU versi ekonomis dari CPU Qualcomm 636. Bisa dibilang Snapdragon 632 adalah penerus Snapdragon 625 yang sama - sama terbuat dari proses fabrikasi 14nm yang terbukti tidak cepat panas dan mampu memberi peningkatan pada efisiensi daya smartphone. Snapdragon 632 merupakan CPU ketiga dikelas 600 series setelah Snapdragon 660 dan 636 yang menerapkan arsitektur premium seperti snapdragon 800 series yaitu Core Kryo yang terbukti mampu mendongkrak perfomance 40% lebih baik dari generasi sebelumnya. CPU ini tepatnya menggunakan Core Kryo 250 yang memiliki 8 core dengan 4 Core Cortex-A73 untuk perfomance dan 4 Core A-53 untuk efisiensi daya.
Asus Zenfone Max M2 " Smartphone Pilihan Berdasarkan 4 Tips Cara Membeli Smartphone Idaman versi Arifdoit "
Perfomance CPU Snapdragon 632 biar berimbang disandingkan dengan arsitektur GPU Adreno 506 dengan kecepatan frekuensi 650 MHz yang cukup mumpuni. Selain CPU dan GPU pada Zenfone Max M2, smartphone ini juga menggunakan RAM LPDDR3 yang terbukti lebih baik dalam efisiensi daya yang digunakan dari pada generasi sebelumnya LPDDR2, tidak itu saja RAM LPDDR3 ini malah berbanding terbalik semakin irit daya akan tetapi perfomance malah lebih baik 2x dari kecepatan clock frekuensi dan bandwidth data transfer dibandingkan LPDDR2.
Perpaduan dari CPU, GPU dan RAM yang ditanamkan di Zenfone Max M2 bisa menghasilkan score benchmark pakai antutu sekitar 102 ribu-an, oleh karena itu smartphone ini cukup mumpuni dalam bermain game - game kekinian yang biasanya membutuhkan syarat perfomance yang mumpuni.

2. LAYAR
Smartphone dengan layar besar sekarang lagi trend ( iphone dulu pakem layar kecil juga ikut trend pakai layar besar ), karena trend layar besar adalah sebuah tuntutan demi kenyamanan saat digunakan media sosial, lihat film, lihat foto dan main game. Demi kenyamanan tersebut layar besar pada Zenfone Max M2 sudah lebih baik karena memiliki layar ukuran besar 6,3" all screen 19:9 yang cukup luas untuk memanjakan mata dan juga adanya notch / poni mampu menaikkan body ratio hingga 88%. Selain itu layarnya sudah memiliki resolusi HD+ ( 1520x720 ) yang terbuat dari LED Backlit IPS LCD. Selain layarnya yang besar tidak dilupakan akan keindahan layar tampak dari luar, dipinggir layar sudah menerapkan 2,5D curved glass yang memberi sentuhan yang lembut saat dipegang oleh tangan.
Asus Zenfone Max M2 " Smartphone Pilihan Berdasarkan 4 Tips Cara Membeli Smartphone Idaman versi Arifdoit "

3. KAMERA
Fitur kamera di smartphone juga ikut diperhitungkan kepentingannya oleh karena itu Zenfone Max M2 dibekali kamera utama yang cukup bisa diandalkan untuk bisa menghasilkan foto yang menarik. Mulai dari kamera utamanya sudah memiliki resolusi 13MP, aperture juara f/1.8 yang bisa menghasilkan hasil capture foto yang lebih detil. Adanya fitur Auto Focus Phase Detection yang cukup mumpuni untuk mempermudah mendapatkan hasil foto yang bagus.
Sudah lagi trend dengan fitur AI scene dimana kamera akan otomatis berusaha menghasilkan foto yang memukau berdasarkan objek yang akan difoto dan Zenfone Max M2 bakal dapat update yang bisa mengenali 13 jenis foto AI scene seperti people, food, dog, cat, sunset, sky, green field, ocean, flower, plant, snow, stage, text. ( Fitur AI aktif setelah ada update awal tahun 2019 )
Asus Zenfone Max M2 " Smartphone Pilihan Berdasarkan 4 Tips Cara Membeli Smartphone Idaman versi Arifdoit "
Bagi yang suka bikin video atau Vlog pada Zenfone Max M2 bisa juga merekam video mulai kualitas HD, FullHD hingga kualitas 4K UHD dan yang juga sangat penting smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur EIS ( Image Stabilizer ) yang bisa diandalkan untuk menghasilkan video yang cukup stabil, tanpa fitur ini apalah daya hasil rekaman video tidak bisa dilihat dengan nyaman.
Pada kamera juga terdapat kamera kedua yang memiliki resolusi 2MP yang memiliki fungsi sebagai sensing dan kamera ini berguna sekali untuk menghasilkan foto bokeh yang sekarang lagi trend untuk menyamai kamera profesional DLSR.
Pada kamera depan memiliki resolusi 8MP aperture f/2.0, bagi yang suka selfie kamera depan juga memiliki fitur mode beauty cukup digandrungi untuk mempermak wajah jadi terlihat bersih dan putih saat berfoto selfie.

4. BATERAI
Zenfone Max M2 berasal dari keluarga Zenfone Max Series yang pastinya memiliki baterai yang bisa dihandalkan karena kapasitasnya yang besar 4000 mAh. Bagi yang mencari smartphone idaman yang bisa diandalkan untuk diajak aktivitas seharian diluar lapangan tanpa ragu kedodoran dengan baterai lifenya yang minim.
Asus Zenfone Max M2 " Smartphone Pilihan Berdasarkan 4 Tips Cara Membeli Smartphone Idaman versi Arifdoit "
Bahkan dari hasil pengujian baterai ini awetnya sangat luar biasa mulai dari kemampuannya untuk dipakai pada posisi 4G standby bisa bertahan hingga 33 hari, adalagi posisi berbicara pada jaringan 3G bisa bertahan hingga 35 jam, browsing di dunia maya dengan menggunakan wifi bisa bertahan hingga 22 jam, bagi suka nonton youtube, lihat film favorit atau drakor-korea bisa bertahan hingga 21 jam, bagi yang suka main game main garena free fire bisa bertahan hingga 8 jam.

5. TRIPLE SLOT
Zenfone Max M2 memiliki Triple Slots yang mendukung 4G LTE, fitur ini cukup memberi keleluasaan untuk memilih SIM Card yang digunakan sebagai nomor utama, nomor fleksibel untuk data internet dan ekspansi storage dengan microSD. Kadang kita memiliki satu nomor utama dari salah satu operator selular, namun nomor ini cukup mahal untuk paket data internet atau bisa juga kurang bagus sinyalnya, oleh karena itu diperlukan SIM Card 2 yang bisa kita pakai sementara untuk darurat kebutuhan komunikasi atau data internet.
Asus Zenfone Max M2 " Smartphone Pilihan Berdasarkan 4 Tips Cara Membeli Smartphone Idaman versi Arifdoit "
Dengan triple slots tepatnya pada slot ketiga turut juga memberi kenyamanan untuk menambah kapasitas storage smartphone tanpa perlu ribet sampai meng-uninstall aplikasi atau game favorit. Sekarang banyaknya aplikasi android bawaan, aplikasi media sosial, perpesanan, utility, gaming, koleksi film, hasil foto, rekaman video dll berperan serta menguras kapasitas internal storage. Perlu ada solusi agar internal storage tidak cepat penuh, salah satunya yaitu memindahkan lokasi hasil foto dan rekaman video diarahkan ke eksternal storage tepatnya di MicroSD, yang kebetulan Zenfone Max M2 bisa menampung hingga kapasitas 2TB.

6. ANDROID OREO PURE STOCK
OS dan User Interface serta aplikasi bawaan pabrik dari smartphone turut serta sumbangsihnya dalam menghabiskan RAM dan internal storage. Bahkan ada pengguna yang kurang cocok mulai dengan user interface, aplikasi bawaanya yang bikin lambat smartphone dan boros baterai. Oleh karena itu Zenfone Max M2 didesain oleh Asus menggunakan OS android oreo 8.1 yang pure stock ( murni ) bawaan dari google android, memang tampilan user interface dan fitur adalah standard bawaan dari google namun dibalik itu, smartphone jadi semakin gegas, hemat RAM, hemat storage dan tidak boros baterai.
Asus Zenfone Max M2 " Smartphone Pilihan Berdasarkan 4 Tips Cara Membeli Smartphone Idaman versi Arifdoit "
Zenfone Max M2 dengan menggunakan OS Android Oreo 8.1 pure stock jadi ringan dan imbasnya smartphone ini dipakai startup awal nyalakan 2X lebih cepat, ujung - ujungnya untuk main game juga jadi lebih cepat. Tidak hanya fitur itu saja bahkan di android oreo pure stock ini juga ada fitur background limit yang berfungsi untuk membatasi dan meminimalisir aplikasi yang berjalan di background agar tidak membebani kinerja smartphone dan tidak bikin boros baterai.

7. SECURITY
Smartphone saat ini keberadaan fingerprint sangat penting fungsinya, karena lebih personality dan aman dengan mengandalkan biometric sidik jari yang dengan mudahnya bisa membuka kunci smartphone dengan cepat 0,3 detik. Bayangkan ribetnya buka kunci smartphone dengan PIN atau pattern yang mudah ditiru dan dicuri secara diam - diam polanya. Untuk fingerprint juga bisa didaftarkan sendiri lebih dari satu jaga - jaga bila salah satu finger yang didaftarkan gagal scan dikarenakan sidik jari terlalu halus atau rusak kena benda tajam.
Asus Zenfone Max M2 " Smartphone Pilihan Berdasarkan 4 Tips Cara Membeli Smartphone Idaman versi Arifdoit "
Ada satu lagi fitur security yang sekarang mulai jadi trend yaitu menggunakan Artificial Intelegence, yaitu cukup dengan pengenal wajah bisa membuka kunci smartphone. Dengan menggunakan scan pemindai wajah yang memanfaatkan kamera depan fitur ini sebenarnya bahkan lebih cepat dan fleksibel cukup ambil smartphone lalu arahkan layar depan smartphone kearah wajah.

8. SPEAKER
Dukungan Multimedia pada smartphone juga sangat penting karena smartphone sekarang sering dipakai buat gaming, dengarkan lagu / video dll, agar bisa mendengarkan sensasi dari suara dentuman bomb, suara peluru, suara mobil balap, dengarkan jeritan film horor, berbagai aliran lagu dll diperlukan dari speaker smartphone yang bagus.
Asus Zenfone Max M2 " Smartphone Pilihan Berdasarkan 4 Tips Cara Membeli Smartphone Idaman versi Arifdoit "
Zenfone Max M2 didesain menggunakan teknologi 5 magnet speaker dengan lapisan metal dan amplifier NXP dengan distorsi rendah, yang terbukti lebih terasa kedahsyatan suara yang dikeluarkan, oleh karena itu Zenfone Max M2 sangat komplit fitur multimedianya.

Itulah diatas hasil memperdalam informasi smartphone idaman yang akan dibeli, agak panjang namun setidaknya lebih mengenal smartphone yang akan dibeli dan informasi ini sangat penting agar tidak mudah terkecoh dengan doktrin - doktrin sales merk lain saat nanti ada di toko selular.
Asus Zenfone Max M2 " Smartphone Pilihan Berdasarkan 4 Tips Cara Membeli Smartphone Idaman versi Arifdoit "
Selanjutnya tahap terakhir pada poin 4 Siapkan Pilihan Cadangan, Plan A adalah beli Zenfone Max M2, Plan B dan C kosong karena tidak ada keraguan pada Plan A karena smartphone ini bakal cocok untuk dijadikan smartphone pilihan untuk daily driver anak laki dan juga di Indonesia belum ada merk lain yang menggunakan Snapdragon 632 ini. Saatnya meluncur ke toko selular dan tuntaskan untuk membeli smartphone idaman Zenfone Max M2 yang memiliki harga terjangkau perkiraan harga MSRP untuk RAM-ROM 3GB/32GB Rp 2.299.000,- dan 4GB/64GB Rp 2.699.000,-.


source :
https://www.asus.com/id
https://www.plimbi.com
https://dailysocial.id
https://www.notebookcheck.net
https://en.wikipedia.org

You might also like

11 comments

  1. UDah cocok sama Zenfone Max M2 saat lihat speknya, mas hehhee
    Aku suka sama 3 slot yang berisi 2 SIM dan MicroSD. jadi kalau punya dua kartu dalam 1 ponsel bisa digunakan bersamaan hheee
    TFS sharingnya, mas
    Sukses dan salam kenal ^_^

    ReplyDelete
  2. Betul mbak Khoirur rohmah, dapat triple slots itu sdh keren

    ReplyDelete
  3. Mantab banget ini sih, haha.
    sukses om moga nyangkut jadi juara

    ReplyDelete
  4. Bener2 masuk dalam kriteria yah kak, smg lah yah bs memilikinya hehe

    ReplyDelete
  5. Template nya sama, yeaaayyy...!!!
    Ajib dah Asus ini, speknya high, tapi harganya low

    ReplyDelete
  6. baterai jumbo dipadukan sama SD 632 + stok android, wah sepertinya bakal awet banget mas kayak kenangan bersama dia di masa lalu

    ReplyDelete
  7. wah iya @hendra suhendra....betul sekali

    ReplyDelete
  8. @dirga keren....wah punya kenangan manis besama dia yah

    ReplyDelete
  9. Ini hape terbaiquee bangett
    buat game lancar ga cepet panas, plus harga terjangkau
    impian deh smartphone ini hhee
    semoga bisa meminangnya ya mas

    ReplyDelete

Jangan Nyepam Yah..:)