Zenfone 2 Laser Penantang Utama di Pasar Smartphone Terjangkau

Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG merupakan generasi Asus Zenfone 2 yang didatangkan Asus Indonesia untuk masuk di segmen pasar menengah. Diakui segmen pasar menengah merupakan segmen yang sangat digemari pangsa pasar smartphone di indonesia. Ini ditunjang data Survei dari eMarketer  menyebutkan bahwa sampai akhir tahun 2015 smartphone di Indonesia diperkirakan lebih dari 70 Juta pengguna smartphone dan sebagian besar pengguna smartphone di Indonesia itu kebanyakan kawula muda berumur dibawah 25 tahun. Menurut berbagai Lembaga Survei apa aja kriteria yang diinginkan kawula muda adalah sebagai berikut :
  • Layar yang besar 5 inch karena sangat pas ditangan dan saku ( survei firma independen Jana )
  • Layar yang tangguh, tidak mudah retak dan anti gores.
  • Kamera belakang yang berkualitas dan terutama kamera depan minimal 5 Mp karena banyak kawula muda pingin eksis di media sosial terutama berfoto selfie.
  • Perfomance smartphone yang mumpuni, CPU Minimal Quadcore.
  • OS yang paling anyar, minimal versi 4.4 kitkat atau 5.0 Lollipop
  • Baterai Awet yang idealnya 2000~3000 mAh, untuk menunjang perfomance CPU yang semakin tinggi semakin boros.
  • Harga yang terjangkau, smartphone yang diinginkan seperti kriteria diatas percuma kalau harganya tidak terjangkau, menurut riset Lembaga gfk harga ideal smartphone ada kisaran $159.
    sumber : pcplus.co.id

Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG memiliki spesifikasi yang mumpuni dan harga terjangkau bisa dibaca artikel review tuntas Asus Zenfone 2 ZE500KG di blog saya. Data dibawah ini adalah perbandingan smartphone Asus ZE500KG dengan smartphone lain yang bermain di segmen menengah, dengan acuan CPU dan Merk yang menurut saya sebagian besar sangat terkenal di Indonesia.
 
perbandingan smartphone qualcomm 410

source : gsmarena.com, official website, bhinneka.com dan lain2

Dari data tabel perbandingan smartphone diatas, semua sama menggunakan Chip Qualcomm Snapdragon 410 Prosesor Quadcore 1,2 Ghz Cortex A53, GPU Adreno 306. Perfomancenya CPU Qualcomm 410 ini sangat mumpuni dan cocok bermain segmen  menengah dengan ditunjang juga RAM 2 Gb cukup untuk main game, media sosial dan multimedia. Dari sisi perfomance semua smartphone diatas sebagai acuan hasil benchmark Antutu tidak terlalu beda jauh di angka 20 ribuan ~ 23 ribuan. Perfomance Zenfone 2 laser ZE500KG juga sangat bagus dengan score Antutu 23474 selisih sedikit dengan pencapai score antutu tertinggi Mirror 5 yang memiliki score 23604.

qualcomm 410


Dari sisi network Asus Zenfone 2 laser ZE500KG hanya mendukung jaringan 2G/3G dan memiliki kecepatan transfer data maksimal 42 Mbps, dibanding merk lainnya yang sudah mendukung jaringan 4G / LTE. Jaringan 3G yang didukung Zenfone 2 laser ZE500KG disaat sekarang lebih dari cukup karena sebagian operator seluler di Indonesia masih meratakan dan memaksimalkan kecepatan data dijaringan 3G nya, hanya operator Indosat,Telkomsel dan XL aja yang baru mulai move on ke Jaringan 4G.
sumber : cnnindonesia.com

perbandingan kecepatan HSDPA

Dari sisi layar Asus Zenfone 2 laser ZE500KG memiliki ukuran 5", Resolusi HD, kerapatan 294 ppi dan Super IPS, dari tabel data diatas Teknologi layarnya sudah standart dipakai banyak vendor smartphone. Hanya Redmi 2 Prime yang memiliki layar lebih kecil 4,7" sehingga mampu memberi kerapatan lebih tinggi 312 ppi dari smartphone lainnya dan juga sebaliknya kerapatan lebih rendah pada Mirror 5 hanya 220 ppi karena resolusi yang didukung masih qHD. Pada proteksi Layar Zenfone 2 Laser ZE500KG lebih unggul dibanding smartphone lainnya, karena dengan harga terjangkau sudah di lindungi dengan Gorilla Glass 4 yang diakui memberi 2 x daya tahannya dari kerusakan akibat jatuh, 2,5 x lebih kuat, 85 % tahan banting dibanding Gorilla Glass 3, dan sampai sekarang hanya smartphone premium saja yang sebagian besar menggunakan Gorilla Glass 4. Smartphone merk lain tanpa pelindung dan hanya Redmi 2 Prime aja yang menggunakan pelindung Dragon Trail sebagai pesaing utama Gorilla Glass 4. Berdasarkan situs differencebetween.info Gorilla glass 4 lebih kuat dibanding pelindung lainya yang ada dipasaran.

gorilla glass 4
Corning® Gorilla® Glass 4
Dari Sisi kamera Asus Zenfone 2 laser ZE500KG didukung dengan Teknologi Asus PixelMaster V2.0 yang memiliki kamera belakang 8 MP dan Depan 5 MP. Pada Kamera belakang 8 MP sepadan dengan Redmi 2, dan A6000+ yang harganya memang lebih murah sedikit dibanding Zenfone 2 laser ZE500KG, kecuali Mirror 5 yang harganya lebih mahal. Dari semua merk smartphone diatas Kamera belakang hanya Zenfone 2 Laser ZE500KG yang lebih spesial karena didukung Laser Auto-Focus yang sangat cepat mengambil fokus objek, sebagai pembanding smartphone lain yang lebih mahal menggunakan Laser Auto-Focus bisa cek di link ini gsmarena.com. Pada kamera depan 5 MP sangat cocok untuk mendukung Pose Selfie, Groufie, Wefie agar tetap eksis di Media Sosial dan untuk Zenfone 2 laser ZE500KG sepadan dengan Honor 4X, Mirror 5 dan Galaxy J5. Zenfone 2 laser ZE500KG dengan kamera depan 5 MP yang harganya dibawah 2 juta mampu bersaing dengan Honor 4X, Mirror 5 dan Galaxy J5 yang harganya diatas 2,5 juta.

auto focus laser 0.03s

5 lensa largan


Dari data tabel perbandingan smartphone diatas untuk Slot MicroSD sebagai storage tambahan hampir masing-masing smartphone mimilikinya, tetapi kemampuan kapasitas maksimal yang bikin beda dan kapasitas tertinggi mampu mendukung microsd kapasitas 128 Gb yang dimiliki oleh Zenfone 2 Laser ZE500KG, Mirror 5 dan Galaxy J5. Pada Operating System Zenfone 2 Laser ZE500KG, Mirror 5, Galaxy J5 sudah menggunakan Android lollipop Versi 5.0/5.1 yang mendukung 64 bit dan terendah Android Kitkat Versi 4.4 yang masih digunakan Redmi 2, Honor 4X dan A6000+. Sampai sekarang operating system Android terbaru adalah Android Marsmallow versi 6.0, dari semua type diatas sementara ini belum ada konfirmasi resmi untuk mendapat Upgrade Android Marshmallow terkecuali Zenfone 2 Laser ZE500KG ( source : Zentalk Global ).

generasi android
Generasi android terlama sampai terbaru

Dari Sisi Komunikasi, Sensor dan GPS hampir sama, hanya di Galaxy J5 yang sudah mendukung Bluetooth V4.1. Dan untuk baterai semua smartphone menggunakan type Li-Polymer, tetapi untuk kapasitas Zenfone 2 Laser ZE500KG memiliki daya 2070 mAh terkecil dibanding smartphone lainnya, cukup untuk menyokong perfomance Qualcomm Snapdragon 410.

ilustrasi zenfone 2 laser
angka prosentase hanya ilustrasi

Dilihat dari uraian diatas, Zenfone 2 Laser ZE500KG memiliki keunggulan dan kekurangan di beberapa sisi dibanding smartphone lainnya. Sebagai acuan terakhir adalah harga yang terjangkau, dimana Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG bisa disimpulkan sangat kompetitif untuk bersaing dengan Redmi 2 Prime dan A6000+ di pasar menengah. Harga imbang diantara smartphone termurah dengan smartphone termahal, ditambah lagi keunggulan pada Proteksi Layar Gorilla Glass 4, Kamera belakang dengan Laser Auto Focus, Kamera Depan 5 MP, dan Operating System Lollipop 5.0 dibanding dengan smartphone termurah. 

You might also like

0 Comments

Jangan Nyepam Yah..:)